Sistem peramalan persediaan Unit Mobil Mitsubishi PT.Wicaksana Berlian Motor

Nurman Pradana, Aswin (2013) Sistem peramalan persediaan Unit Mobil Mitsubishi PT.Wicaksana Berlian Motor. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Wicaksana Berlian Motor merupakan salah satu instansi swasta yang bergerak dalam penjualan kendaraan. Diketahui bahwa persediaan stok kendaraan terkadang mengalami kekurangan. Masalah tersebut terjadi dikarenakan sistem persediaan barang yang kurang baik akibat dari kurang akuratnya penentuan persediaan terhadap stok kendaraan. Dimana selama ini dalam proses penentuan persediaan kendaraan ke depan sering kali tidak objektif karena hanya berdasarkan intuisi manajemen saja. Dalam rangka menghadapi perubahan teknologi informasi yang pesat, maka dari itu pihak terkait dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk dapat mengambil keputusan yang tepat dalam merencanakan persediaan stok kendaraan agar sesuai dengan lajur permintaan konsumen. Sehingga kegiatan penjualan dapat berjalan dengan baik dan optimal. Maka dari itu PT. Wicaksana Berlian Motor membutuhkan suatu sistem (forecasting) untuk meramalkan persediaan mobil agar lebih objektif dengan memperhatikan kondisi masa lalu dan prediksi kondisi di masa mendatang.Pada penelitian ini akan dilakukan pembangunan suatu sistem peramalan untuk meramalkan persediaan mobil agar lebih objektif dengan memperhatikan kondisi masa lalu dan prediksi kondisi di masa mendatang. Salah satu metode yang terdapat dalam sistem yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Forecasting Time Series (Single Exponential Smoothing). Peramalan (forecasting) merupakan alat bantu yang penting dalam perencanaan yang efektif dan efisien untuk mengetahui keadaan yang akan datang, tidak saja penting untuk melihat yang baik atau buruk tetapi juga bertujuan untuk melakukan persiapan.Hasil dari penelitian ini adalah dapat disimpulkan bahwa sistem peramalan yang dibangun akan dapat meningkatkan efektifitas dalam menentukan persediaan kendaraan pada setiap periode ke depan serta dapat mengimplementasikan metode Forecasting Time Series ( Single Exponential Smoothing) pada sistem peramalan yang dibangun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sistem peramalan, sistem peramalan persediaan kendaraan, forecasting single exponential smoothing.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24628

Actions (login required)

View Item View Item