Membangun aplikasi e-commerce pada Toko Buku Bandung Book Centre

Ahmad Sufiadi, R (2013) Membangun aplikasi e-commerce pada Toko Buku Bandung Book Centre. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bandung Book Center adalah Badan Usaha berbentuk CV, yang didirikan di Bandung dan bergerak dalam bidang perdagangan dan pendistribusian buku yang berbadan hukum dengan akte Notaris Bapak Koswara Nomor 89 pada tanggal 30 Juni 1994. Proses pembelian masih dilakukan dengan cara direct sale. Media promosi yang secara konvensional menggunakan katalog, spanduk dan pamflet. Untuk konsumen tidak dapat datang ke toko, konsumen kurang mendapatkan informasi tentang produk terbaru serta info stok produk yang akan konsumen pesan. Pembuatan laporan untuk proses jual beli melalui email belum terkelola dengan baik, ini menjadi kendala untuk merekap hasil penjualan melalui email.Untuk memecahkan masalah ini, maka diperlukan suatu sistem perdagangan secara online atau lebih dikenal dengan istilah e-commerce (electronic commerce). Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam merancang dan membangun perangkat lunak ini adalah dengan menggunakan pendekatan terstruktur. Alat-alat yang digunakan untuk pemodelan sistem dalam aplikasi ini diantaranya adalah diagram alir dokumen (Flowmap), diagram konteks dan Data Flow Diagram (DFD) serta dalam perancangan basis data menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD) dan kamus data. Setelah melalui tahapan yang sesuai dengan metode pengembangan yang dipilih maka dalam pengimplementasian sistem e-commerce ini dilakukan pengujian sistem yang terdiri dari pengujian alpha dan pengujian beta. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem secara keseluruhan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan dibangunnya aplikasi e-commerce ini diharapkan dapat mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi, menjadi sarana promosi yang mampu memperluas jangkauan pemasaran produk dan meningkatkan penjualan serta mempermudah dalam pengolahan data yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Direct sale, Konvensional, terkendala, E-commerce, Pemodelan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24634

Actions (login required)

View Item View Item