Pembangunan game edukasi petualangan objek wisata bersejarah di Indonesia berbasis desktop

Nuzul Satrianto, Tri (2013) Pembangunan game edukasi petualangan objek wisata bersejarah di Indonesia berbasis desktop. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Keberadaan objek wisata bersejarah di Indonesia tersebar di banyak daerah. Seiring berjalannya waktu, keberadaan objek wisata tersebut menjadi tidak terpelihara dan kurang diminati. Salah satu kasus yang terjadi di Indonesia bagian timur dilaporkan oleh ketua DPD Asosiasi Industri Perjalanan Wisata (Asita) menjelaskan bahwa Wisatawan Domestik kebanyakan lebih memilih berbagai objek wisata modern, objek wisata bersejarah hanya satu dua yang diminati. Dari kasus tersebut, dampak yang ditimbulkan yaitu objek wisata bersejarah akan semakin tidak dikenal. Pengetahuan masyarakat, khususnya anak-anak mengenai objek wisata bersejarah akan semakin minim. Anak-anak seharusnya lebih mengenal budaya negara sendiri sejak dini.Game Edukasi Petualangan Objek Wisata Bersejarah Di Indonesia memberikan nuansa baru dalam bermain game. Penyajian materi dan perancangan interface disesuaikan dengan target pengguna yaitu rentang usia antara 9 �� 12 tahun sehingga mudah untuk dimainkan. Tools yang digunakan untuk membangun game ini adalah Adobe Flash Professional CS6 dan game akan berjalan pada sistem operasi Windows. Spesifikasi perangkat keras yang digunakan untuk membangun game ini yaitu Processor Intel Pentium P6200, RAM 2 GB, dan Harddisk 500 GB. Analisis pembangunan perangkat lunak ini menggunakan konsep analisis terstruktur. Alat bantu yang digunakan untuk memodelkannya yaitu Diagram Konteks dan DFD (Data Flow Diagram). Pengujian game yang telah dibangun dilakukan dengan 2 cara, yaitu pengujian dengan cara blackbox dan kuesioner. Pengujian blackbox dilakukan untuk mengetahui apakah fungsionalitas game sudah berjalan dengan normal. Sedangkan pengujian dengan cara kuesioner dilakukan terhadap 30 responden berdasarkan target penggunanya. Hasil yang diperoleh dari pengujian yaitu game berjalan dengan normal, dan dengan adanya game edukasi petualangan objek wisata bersejarah di Indonesia, pengetahuan pengguna terhadap objek wisata bersejarah menjadi bertambah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: game, edukasi, petualangan, objek wisata sejarah.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24650

Actions (login required)

View Item View Item