Perilaku Komunikasi Mahasiswa Tipe Kepribadian Sanguinis di Kota Bandung (Studi Deskriptif tentang Perilaku Komunikasi Mahasiswa Tipe Kepribadian Sanguinis dalam Interaksi Nonformal Sehari-hari)

Saputri, Annisa (2013) Perilaku Komunikasi Mahasiswa Tipe Kepribadian Sanguinis di Kota Bandung (Studi Deskriptif tentang Perilaku Komunikasi Mahasiswa Tipe Kepribadian Sanguinis dalam Interaksi Nonformal Sehari-hari).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku komunikasi mahasiswa tipe kepribadian sanguinis dalam interaksi nonformal sehari-hari. Untuk menganalisa tujuan penelitian diatas, maka diangkat beberapa subfokus penelitian, yakni komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal dari fokus penelitian perilaku komunikasi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa tipe kepribadian sanguinis. Informan dan informan pendukung masing-masing sebanyak 3 orang yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, studi pustaka, dokumentasi, observasi, dan internet searching. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan evaluasi. Uji keabsahan data untuk penelitian ini yaitu triangulasi, diskusi teman sejawat, dan membercheck.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, komunikasi verbal yang dilakukan mahasiswa sanguinis lebih banyak berbicara dan menggunakan berbagai bahasa untuk berinteraksi dengan orang lain. Komunikasi nonverbal yang dilakukan oleh mahasiswa sanguinis dalam interaksinya dengan memberikan bentuk perhatian kepada orang yang sedang berkomunikasi dengan mereka,seperti kontak mata, ekspresi wajah, sentuhan, pelukan dan dalam penggunaan ruang (jarak) tidak ada yang memisahkan antara komunikan dan komunikator. Perilaku komunikasi pada mahasiswa sanguinis hampir setiap harinya mereka menampilkan keceriaannya di hadapan orang lain.Kesimpulan penelitian adalah perilaku komunikasi pada mahasiswa sanguinis bahwa mereka selalu tampil ceria dihadapan orang lain. Dalam berinteraksi nonformal sehari menggunakan bahasa verbal yang eksentrik sehingga dapat menarik perhatian orang lain. Bahasa nonverbal yang ditunjukkan Saran penelitian, sebaiknya mahasiswa sanguinis lebih bersimpati dan empati kepada lingkungan sekitar agar terhindar dari kesalah pahaman terhadap orang lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Sanguinis, Perilaku Komunikasi, Komunikasi Verbal, Komunikasi Nonverbal.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24907

Actions (login required)

View Item View Item