Sugiri, Arisa (2013) Makna Maskulinitas pada Tayangan Iklan Djarum Super My Great Adventure Indonesia (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Maskulinitas pada Tayangan Iklan Djarum Super My Great Adventure Indonesia). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui makna semiotik tentang makna maskulinitas yang terdapat dalam tayangan iklan Djarum Super My Great Adventure Indonesia, menganalisis makna apa saja yang terdapat dalam tayangan iklan Djarum Super My Great Adventure Indonesia yang berkaitan dengan maskulinitas ,yaitu makna denotasi, makna konotasi, mitos/ideologi menurut Roland Barthes.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika dari Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online (internet searching). Objek yang dianalisis merupakan sequence yang terdapat dalam tayangan iklan Djarum Super My Great Adventure Indonesia dengan mengambil tujuh sequence.Hasil penelitian menunjukan bahwa makna maskulinitas dalam tayangan iklan Djarum Super My Great Adventure Indonesia terdapat tiga makna. Makna denotasi yang terdapat dalam sequence tayangan iklan tersebut menggambarkan sebuah petualangan yang dilakukan selama duapuluh sembilan hari yang dilakukan di beberapa tempat di Indonesia. Makna konotasi yang didapat yaitu adanya berbagai kegiatan yang dilakukan dan properti yang digunakan yang identik dengan sifat laki-laki. Makna mitos/ideologi yang dapat diambil ,kegiatan yang berbahaya yang mengandalkan kekuatan fisik serta keahlian khusus hanya umum dilakukan oleh kaum laki-laki.Kesimpulan penelitian memaknai maskulinitas dalam tayangan iklan rokok sangat identik dengan kekuatan, keberanian ,dan juga keahlian. Berbagai kegiatan olahraga alam pun menjadi penggambaran sisi maskulinitas.Peneliti memberikan saran bagi sineas yang menggarap sebuah iklan untuk dapat menggambarkan suatu pencitraan dengan ideologi yang disampaikannya dari sebuah produk dengan kemasan penayangan iklannya yang menarik sehingga dapat menarik minat khalayak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Semiotik, Roland Bartes, Maskulinitas, Iklan Djarum Super |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:04 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:04 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24985 |
Actions (login required)
View Item |