Fachrul Riyanto Romdhoni, Muhammad (2013) Konsep Diri Siswa. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai Konsep Diri Siswa ��Tunagrahita Sedang�� di Sekolah Luar Biasa Nurani Kota Cimahi Dalam Berinteraksi Dengan Lingkungannya. Untuk menjawab tujuan diatas maka peneliti mengangkat indikator sebagai sub fokus pada penelitian ini. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dimunculkan pertanyaan tentang bagaimana pandangan dan perasaan siswa ��tunagrahita sedang�� di Sekolah Luar Biasa B-C Nurani Kota Cimahi dalam berinteraksi dengan lingkungannya.Tipe penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode desriptif. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara Wawancara Mendalam, Observasi, Studi Kepustakaan, dan Internet Searching. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling, teknik pengumpalan data dan teknik analisis data. Subjek pada penelitian ini adalah siswa ��tunagrahita sedang��, Sehingga informan yang dipilih sebanyak 2 orang yaitu siswa ��tunagrahita sedang�� Sekolah Luar Biasa B-C Nurani Kota Cimahi.Hasil penelitian Konsep Diri siswa ��tunagrahita sedang�� di Sekolah Luar Biasa B-C Nurani Kota Cimahi terbentuk dari pandangan dan perasaan siswa tentang dirinya sendiri. Konsep diri anak tunagrahita sangat dipengaruhi oleh pola asuh dari orang tua, bimbingan dari guru dan juga tingkat penerimaan lingkungan atau masyarakat. Ketika siswa tersebut dapat memandang dan merasakan dirinya dengan positif kemudian didukung dengan lingkungan yang dapat menerima dengan baik, maka akan terbentuk konsep diri yang positif di dalam diri siswa tersebut. Kemudian hal ini berdampak pada kemampuan siswa tersebut dalam berinteraksi dengan lingkungannya.Simpulan, siswa ��tunagrahita sedang�� di Sekolah Luar Biasa B-C Nurani Kota Cimahi konsep dirinya terbentuk dari pandangan dan perasaan siswa tentang dirinya sendiri. Ketika siswa tersebut dapat memandang dan merasakan dirinya dengan positif kemudian didukung dengan lingkungan yang dapat menerima dengan baik, maka akan terbentuk konsep diri yang positif di dalam diri siswa tersebut. Kemudian hal ini berdampak pada kemampuan siswa tersebut dalam berinteraksi dengan lingkungannya.Saran Bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian dengan kajian yang sama yaitu mengenai konsep diri anak tunagrahita sedang, peneliti berharap mahasiswa/i bisa mengkaji lebih dalam lagi mengenai emosi dan motivasi yang dimiliki oleh anak tunagrahita sedang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep diri,tuna grahita, dan cara berkomunikasi |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:04 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:04 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25007 |
Actions (login required)
View Item |