Pembangunan Aplikasi Customer Relationship Management di CV Sophia

Rizki Aldilla, July (2013) Pembangunan Aplikasi Customer Relationship Management di CV Sophia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV Sophia merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan alat peraga praktikum. Saat ini prosedur pendekatan dengan pelanggan untuk melakukan penawaran barang dilakukan dengan cara datang langsung ke sekolah-sekolah. Prosedur komplain barang saat ini dilakukan dengan cara datang langsung ke perusahaan ataupun melalui telepon. Hal ini menyebabkan pelanggan dan calon pelanggan sulit mengetahui info produk yang dijual, sehingga perusahaan sulit untuk mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan juga sulit untuk melakukan komplain barang karena sarana yang tersedia sangat terbatas tidak sesuai dengan banyaknya pelanggan yang ada saat ini. Banyaknya pelanggan yang ada menyebabkan perusahaan sulit untuk melakukan pendekatan dan pelayanan kepada pelanggan.Aplikasi customer relationship management (CRM) merupakan solusi yang diharapkan dapat mempermudah perusahaan dalam menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Aplikasi ini dibangun dengan memenuhi tahapan dalam CRM yaitu acguire, retain, enhance dan analisis framework CRM. Pendekatan analisis perangkat lunak menggunakan pendekatan analisis terstruktur. Sedangkan dalam proses pengujian menggunakan pengujian black box dan pengujian beta.Hasil dari pengujian black box dan beta dapat disimpulkan bahwa fungsionalitas pada sistem telah menghasilkan output sesuai dengan yang diharapkan. Pembangunan aplikasi CRM di CV Sophia dapat mempermudah perusahaan dalam pelayanan kepada pelanggan, melakukan pendekatan dengan pelanggan dan melakukan penawaran barang. Mempermudah pelanggan dalam melakukan komplain, mendapatkan informasi produk, informasi perusahaan serta memberikan saran dan kritik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CRM, Acquire, Retain, Enhance, framework CRM
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25065

Actions (login required)

View Item View Item