Perancangan Sistem Informasi Akademik dengan Alat Bantu Smartphone Android di SMK Teknologi Plus Padjadjaran Kota Sukabumi

Supriatna (2013) Perancangan Sistem Informasi Akademik dengan Alat Bantu Smartphone Android di SMK Teknologi Plus Padjadjaran Kota Sukabumi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMK Teknologi Plus Padjadjaran kota Sukabumi merupakan salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan. Saat ini SMK Teknologi Plus Padjadjaran kota Sukabumi sedang giat-giatnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan pendidikan kepada masyarakat, sehingga untuk menunjang kelancanaran dalam prosesnya itu dibutuhkan perangkat lunak untuk pengolahan data dan pendistribusian informasi yang dapat di akses dimana saja dan kapan saja oleh masyarakata. Selain itu untuk menunjang dalam proses pengolahan data akademik yang terdapat di sekolah tersebut dibutuhkan perancangan perangkat lunak yang memadai dalam mengelola dan manjalankan segala aktivitas sekolah. SMK Teknologi Plus Padjadjaran kota Sukabumi adalah salah satu lembaga pendidikan yang berbasiskan IT, sehingga sekolah tersebut sangat mengikuti perkembanagan teknologi saat ini, salah satu yang sedang marak adalah Teknologi Android, dimana teknologi android tersebut merupakan sebuah Sistem Operasi untuk Mobile/ Smartphon. Maka dari itu sekolah tersebut mencoba memanfaatkan perkembanga teknologi tersebut sebagai media untuk mengakses informasi akademik oleh siswa/siswi dengan menggunakan perangkat lunak sistem informasi akademik berbasis android.Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan OOAD yang menggunakan beberapa alat bantu dan teknik pengerjaan, seperti use case, activity diagram, sequence diagram, collaboration diagram, class diagram, component diagram, deployment diagram. Dan model pengembangan yang digunakan adalah model Prototype. Dimana model Prototype merupakan urutan aktivitas yang dilakukan dalam pengembangan sistem mulai dari pengumpulan kebutuhan, membangun prototyping, evaluasi prototyping,mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem, menggunakan sistem.Model ini menawarkan cara pembuatan perangkat lunak secara lebih nyata.Dengan diterapkannya perancangan sistem informasi akademik dengan alat bantu smartphone android pada SMK Teknologi Plus Padjadjaran kota sukabumi ini yang bersifat client server dengan menggunakan bahasa pemograman Java, PHP dan database Phpmyadmin, diharapkan dapat mempermudah dalam mengelola seluruh data akademik, tanpa harus terjadi redudansi, kehilangan data dan kesalahan dalam mengelola data tersebut.Sehingga sekolah atau instansi tersebut dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara maksimal dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan pendidikan .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Akademik, Android, OOAD, Prototype, PHP
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25073

Actions (login required)

View Item View Item