Pengaruh Tingkat Pengembalian Aktiva dan Rasio Hutang terhadap Harga Saham pada Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Sartam, Atam (2013) Pengaruh Tingkat Pengembalian Aktiva dan Rasio Hutang terhadap Harga Saham pada Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Harga saham yang baik adalah harga saham yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, dimana baik atau buruknya harga saham dapat dilihat dengan menggunakan analisis fundamental, yang diantaranya return on assets dan debt to equity ratio. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Perkembanganreturn on assets (ROA),debt to equity ratio (DER) dan harga saham pada perusahaan asuransi. (2) Besarnya tingkat keeratan return on assets (ROA) dengan debt to equity ratio (DER).(3) Besarnya pengaruh return on assets (ROA) dan debt to equity ratio (DER) terhadap harga saham secara parsial dan secara simultan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa pooled data yaitu dari tahun 2008-2011 yang meliputi perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Pengujian hipotesisnya menggunakan uji F untuk menguji secara simultan dan uji t untuk menguji secara parsial, dengan tingkat signifikan 5%.Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan return on assets (ROA) dan debt to equity ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham yaitu sebesar 2,3%. Secara parsial, return on assets (ROA) sebesar 0,6% dan debt to equity ratio (DER) sebesar 1,7%, sedangkan sisanya sebesar 97,7% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rasio-rasio Keuangan,return on assets (ROA), debt to equity ratio (DER), Harga Saham
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25190

Actions (login required)

View Item View Item