Yulanda, Iqbal (2013) Kajian Motif Bunga Mawar pada Kelom Geulis Sheny Tasikmalaya. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Motif bunga yang menjadi objek kajian dibuat dan dipakai sebagai hiasan pada kelom geulis belum pernah diidentifikasi dikarenakan para pengrajin tidak menyimpan data-data motif dan nama motif yang pernah dipakai, perusahaan kelom geulis membuat motif atas dasar contoh yang ada dan pernah dibuat secara turun temurun dalam bentuk patern / contoh motif yang sudah jadi pada kelom geulis. Pengrajin dan perusahaan lebih menitik beratkan pada penamaan kelom geulis itu dilihat dari teknik membuatnya. Motif bunga pada kelom geulis Tasikmalaya : Kembang campaka ligar / bunga cempaka mekar, Kembang anggrek / bunga anggrek, Bunga cengkeh dengan batangnya , Kembang samoja /bunga kemboja dengan batangnya , Kembang ros / bunga mawar , Kembang malati / bunga melati.Penggunaan motif bunga pada kelom geulis Tasikmalaya menjadi unsur terpenting dalam pembuatan kelom geulis, sehingga perkembangan bentuk-bentuk dari motif bunga pada kelom geulis sangat pesat. Begitu juga dengan motif bunga yang digunakan pada kelom geulis perusahaan pengrajin Sheny Tasikmalaya.Perusahaan tersebut memiliki rancangan motif bunga yang sangat banyak,khususnya motif bunga mawar. Kelom geulis bermotif bunga mawar produksi Sheny Tasikmalaya sangat diminati oleh masyarakat sehingga rancangan motif bunga mawar memiliki jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan motif bunga lain. Komposisi motif bunga mawar pada kelom geulis Sheny Tasikmalaya yaitu pada tutup muka dan badan kelom geulis. Motif bunga mawar selalu dikembangkan rancangannya.Dalam kajian ini ditemukan pemecahan permasalahan dari hasil analisa kelom geulis Sheny Tasikmalaya. Dalam kajian ini objek yang dianalisa hanya lima objek motif bunga mawar kelom geulis dengan menggunakan analisis estetika Edmund Burke Feldman. Pemilihan lima objek bunga mawar pada kelom geulis Sheny Tasikmalaya dipilih berdasarkan tiga pertimbangan yaitu : yang pertama, dari segi teknik, pahat/cukil polos, bordir, pahat koas dan cukil airbrush.Yang ke dua, berdasarkan komposisi motif bunga mawar digambarkan,komposisi dibagian tengah, dibagian tutup muka, dibagian belakang, komposisi motif tampilan penuh dan komposisi tampilan motif setengah bentuk. Yang ketiga berdasarkan bentuk dari motif bunga mawar. Keseluruhan komponen tersebut dibahas menggunakan teori estetika Feldman berdasarkan dua tahapan analisa yaitu deskripsi dan formal .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motif bunga mawar, kelom geulis, estetika Edmund Burke Feldman |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2013 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:05 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:05 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25235 |
Actions (login required)
View Item |