Studi komparasi sensor monitoring level ketinggian air

Yudha Pradana, Lagha (2013) Studi komparasi sensor monitoring level ketinggian air. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kebutuhan air yang semakin meningkat berhubungan dengan penggunaan yang tidak efisien dan kurangnya pengelolaan air yang memadai. Pemantauan yang tepat diperlukan untuk menjamin ketersediaan air. Metode pendeteksian level air secara otomatis digunakan untuk membuat perangkat berjalan menjadi lebih mudah. Penggunaan sensor yang sesuai kebutuhan mempengaruhi sistem kerja pompa air. Dengan menggunakan pelampung air dan inframerah kita dapat mengotomatisasi pompa air, tapi kemungkinan yang akan diolah sangat sedikit karena terpaku pada batas atas dan batas bawah. Jika menggunakan prinsip kerja kawat yang dialiri listrik, kemungkinan untuk mengontrol pompa air menjadi lebih banyak sesuai dengan jumlah kawat yang di pakai tetapi itu tidak praktis ketika terjadi perubahan dan penambahan level ketinggian air. Oleh karena itu, meskipun sedikit mahal penggunaan sensor ultrasonik menjadi pilihan yang lebih tepat karena data yang dihasilkan berupa data analog sehingga memudahkan untuk mengontrol banyak kemungkinan kerja pompa air dan juga lebih memudahkan untuk mengolah data dalam bentuk grafik. Tampilan kepada pengguna sangat dibutuhkan apabila pengguna ingin mengetahui seberapa tinggi level air. Selain dapat dipantau jarak jauh malalui internet, terdapat tampilan LCD untuk memudahkan pengawasan ketika berada di rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: level ketinggian air, sensor ultrasonik, sensor kawat yang dialiri listrik, sensor inframerah, LCD, dapat dipantau jarak jauh melalui internet.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25261

Actions (login required)

View Item View Item