Storytelling Game Perjalanan Mempelajari Angka dan Huruf Hijaiyah Berbasis Mobile

Maulana Handinata, Reza (2013) Storytelling Game Perjalanan Mempelajari Angka dan Huruf Hijaiyah Berbasis Mobile. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Abjad Arab yang terkadang disebut huruf hijaiyah merupakan latihan dasar sebelum melatih kemahiran membaca. Kemampuan dalam mengenal, berbicara, dan mengeja huruf hijaiyah merupakan salah satu petunjuk untuk memudahkan di dalam pembelajaran Alquran dan Bahasa Arab. Melihat pentingnya mengenali huruf hijaiyah bagi umat islam agar bisa membaca Alquran dengan baik menyebabkan diperlukannya metode yang bisa membantu seseorang dalam belajar mengenali dan memahami huruf hijaiyah.Game telah menjadi sebuah metode pembelajaran yang bisa digunakan saat ini. Beberapa kelebihan dari game edukasi yaitu pada visualisasi dari sebuah permasalahan yang nyata. Setiap metode pembelajaran memiliki latar belakang, karakteristik, dan dasar pikiran yang berbeda. Maka penggabungan berupa media animasi dan suara dalam game diharapkan akan membuat pembelajaran angka dan huruf hijaiyah ini memacu motivasi belajar pada anak-anak. Salah satu kelebihan game dengan menggunakan perangkat mobile yaitu pembelajaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu dengan pesatnya perkembangan teknologi mobile terutama pada platform android membuat peluang untung mengembangkan game edukasi masih sangat besar. Permodelan yang digunakan dalam pembangunan game ini menggunakan UML (Unified Modelling Language). Game dibangun menggunakan tools Eclipse Indigo dan diimplementasikan pada perangkat mobile berbasis android.Berdasarkan pengujian dengan menggunakan metode white box, black box, dan pengujian beta, Metode pembelajaran angka dan huruf hijaiyah menggunakan media game bisa menambah minat anak-anak untuk dapat mengenali huruf hijaiyah sebagai dasar untuk selanjutnya mempelajari bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Hijaiyah, Game, Android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25384

Actions (login required)

View Item View Item