Pembangunan Sistem Informasi Pengendalian dan Perencanaan Persediaan Obat di Puskesmas pada Lingkungan Kesehatan Bandung (Studi Kasus Puskesmas Sukajadi)

Nanda Utama, Ryan (2013) Pembangunan Sistem Informasi Pengendalian dan Perencanaan Persediaan Obat di Puskesmas pada Lingkungan Kesehatan Bandung (Studi Kasus Puskesmas Sukajadi). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dinas Kesehatan (Dinkes) merupakan salah satu Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) dilingkungan pemerintah Kota Bandung yang bertanggung jawab dalam bidang pembangunan kesehatan. Dinas Kesehatan Bandung Menangani 71 Puskesmas yang mempunyai kegiatan pokok melayani kebutuhan kesehatan masyarakat yang terkait erat dengan persediaan obat, pasien terkadang membutuhkan jenis obat yang sama sehingga obat yang paling banyak digunakan akan cepat kehabisan stok sebelum jatuh tempo permintaan kembali. Salah satu puskesmas yang berada di lingkungan Dinas Kesehatan Bandung yaitu Puskesmas Sukajadi yang sering terjadi kekurangan obat karena permintaan obat tidak terealisasi. Banyaknya obat yang ada dan pemakaian yang tidak menentu akan kesulitan dalam peramalan kebutuhan obat periode yang akan datang, sehingga terjadi ketidakpastian persediaan obat yang dibutuhkan puskesmas, hal ini mengakibatkan sulitnya memperkirakan kebutuhan obat yang akan datang.Melihat permasalahan yang ada pada kegiatan puskesmas ini maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dibangun sebuah sistem informasi yang mengoptimalkan dalam pengendalian dan perencanaan persediaan obat dengan pendekatan Singel Moving Avaragge (SMA) untuk mengetahui jumlah kebutuhan obat dan Economic Quantity Order (EOQ) untuk menghitung jumlah obat yang harus dipesan. Sistem informasi mempunyai tujuan untuk mengubah sistem pencatatan data dari konvensional menjadi digital selain itu sistem ini membantu dalam bagian farmasi untuk melakukan perencanaan permintaan obat untuk periode yang akan datang dengan cara sistem menghitung pemakaian obat pada periode sebelumnya sebagai acuan rencana permintaan obat. Sistem ini dibangun menggunakan metode pemodelan berbasis objek yang menggunakan tool Adobe Dreamweaver CS 3 sebagai desain tampilan antarmuka dan MySQL sebagai pengolahan database.Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukannya pengujian alpha dan betha terhadap sistem informasi pengendalian dan perencanaan persediaan obat di Puskesmas yang ada pada lingkungan Dinkes Bandung maka dapat disimpulkan sistem ini membantu bagian farmasi untuk pengendalian persediaan obat dan perencanaan permintaan obat periode yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Puskesmas, Singel Moving Avaragge (SMA), Economic Quantity Order (EOQ).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:05
Last Modified: 16 Nov 2016 08:05
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25407

Actions (login required)

View Item View Item