Angga Dwiguna, Bayu (2016) Implementasi Algoritma Genetika Untuk Menyelesaikan Permainan Puzzle Kakuro. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Puzzle kakuro adalah permainan penjumlahan angka dimana pemain harus mengisi setiap kotak yang tersedia dengan angka bulat dari 1 hingga 9 dan harus memenuhi beberapa syarat dalam pengisiannya. Untuk menyelesaikan puzzle kakuro berukuran 14 x 14 dengan menggunakan implementasi algoritma Backtracking diperlukan waktu 20 menit. Untuk dapat menyelesaikan puzzle kakuro 14 x 14 dengan waktu yang lebih cepat maka diperlukan suatu metode yang lain. Algoritma genetika merupakan suatu metode heuristik yang dikembangkan berdasarkan prinsip genetika dan proses seleksi alamiah teori evolusi Darwin. Proses pencarian penyelesaian atau proses terpilihnya sebuah penyelesaian dalam algoritma genetika berlangsung sama seperti terpilihnya suatu individu untuk bertahan hidup dalam proses evolusi. Keuntungan dari penggunaan algoritma genetika adalah kemampuannya untuk menemukan solusi pada ruang masalah yang cukup besar dan solusi yang diharapkan tidak harus paling optimal, tetapi cukup bisa diterima. Berdasarkan hal tersebut maka algoritma genetika dapat menjadi pilihan untuk menyelesaikan permainan puzzle kakuro dengan ukuran 14 x 14.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Algoritma Genetika, Puzzle Kakuro. |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:37 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:37 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2583 |
Actions (login required)
View Item |