Pengaruh budaya organisasi terhadap pengendalian internal dengan sistem informasi akuntansi sebagai variabel intervening : (survey pada KPP di Kanwil Jawa Barat I)

Dhea, Mochammad (2013) Pengaruh budaya organisasi terhadap pengendalian internal dengan sistem informasi akuntansi sebagai variabel intervening : (survey pada KPP di Kanwil Jawa Barat I). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sistem informasi akuntansi merupakan alat yang digunakan dalam organisasi untuk memberikan nilai tambah. Salah satu faktor yang mempengaruhi sistem informasi akuntansi adalah budaya organisasai. Dengan budaya organisasi yang baik maka sistem informasi akuntansi menjadi lebih baik. Pada jangka panjang sistem informasi akuntansi digunakan sebagai alat untuk pengendalian internal.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap pengendalian internal dengan sistem informasi akuntansi sebagai variable intervening pada KPP di Kanwil Jawa Barat I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini menggunakan 26 responden yang meliputi pegawai seksi PDI dari 5 Kantor Pelayanan Pajak di Kanwil Jawa Barat I. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi, analisis data menggunakan Path Analysis, koefisien determinasi, uji hipotesis dan juga menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for windows.Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang kuat dari budaya organisasi terhadap sistem informasi akuntansi dan pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap pengendalian internal. Artinya bahwa dengan budaya organisasi yang baik, maka kualitas sistem informasi akuntansi akan lebih baik, dengan berkualitas sistem informasi akuntansi, maka tingkat pengendalian internal akan optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi, Pengendalian Internal, Sistem Informasi Akuntansi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25879

Actions (login required)

View Item View Item