Sistem pengendalian produksi training panel system pada CV Pudak Scientific

Hardyanto, Chrismikha (2015) Sistem pengendalian produksi training panel system pada CV Pudak Scientific. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV Pudak Scientific merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan alat bantu pendidikan sains. Salah satu jenis produk yang dijual oleh CV Pudak Scientific adalah training panel system (TPS), yaitu sebuah alat peraga yang digunakan dalam praktek mekanika listrik. Terdapat beberapa masalah produksi yang sering terjadi pada perusahaan diantaranya manager produksi selalu mengalami kesulitan dalam memperkirakan jumlah produksi dikarenakan penjualan TPS yang tidak menentu. Akibatnya sering terjadi kekurangan atau menumpuknya stock training panel sistem pada gudang. Proses produksi juga sering mengalami keterlambatan karena kekurangan bahan baku. Hal ini terjadi karena jumlah bahan baku yang disediakan oleh bagian pergudangan tidak sesuai dengan rencana produksi yang dibuat manager produksi. Stock bahan baku yang terlalu banyak karena tidak terpakai pun dapat mengakibatkan kerugian biaya penyimpanan pada perusahaan. Berdasarkan permasalah yang telah diuraikan, Maka solusi yang diusulkan dalam membantu perusahaan adalah dengan membangun sistem pengendalian produksi yang bertujuan membantu manager produksi dalam merencanakan jumlah produksi dan membantu bagian pergudangan mengendalikan stock bahan baku pada gudang. Metode yang digunakan adalah metode single exponential smoothing untuk meramalkan rencana produksi 1 bulan berikutnya dan metode Economic Order Quantity (EOQ) untuk mengendalikan stock bahan baku. Sistem dibangun berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrogaman PHP dan Database MySql. Adapun pendekatan analisis perangkat lunak pada penelitian ini menggunakan pendekatan analisis terstruktur. Berdasarkan hasil pengujian blackboxdan pengujian beta, dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian produksi yang dibangun sudah dapat membantu manager produksi dalam merencanakan jumlah produksi agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan hasil produksi dan membantu menentukan jumlah kebutuhan bahan baku untuk proses produksi. Serta dapat membantu bagian pergudangan dalam mengendalikan stock bahan baku pada gudang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Training Panel System, Produksi, Pengendalian, Single Exponential Smoothing, Economic Order Quantity.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/25883

Actions (login required)

View Item View Item