Pembangunan sistem informasi aset broadcast di PT.Rajawali Citra Televisi Indonesia

Harbili Sirait, Markus (2013) Pembangunan sistem informasi aset broadcast di PT.Rajawali Citra Televisi Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rajawali Citra Televisi Indonesia merupakan salah satu perusahaan televisi swasta yang terdapat di Indonesia. Dalam melakukan suatu program broadcast televisi dipastikan memerlukan aset broadcast. Pihak yang memiliki keterkaitan dengan aset broadcast adalah departemen produksi, technical director dan logistik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada perusahaan tersebut, ditemukan adanya pengolahan data aset broadcastyang masih bersifat konvensional. Melihat jadwal kegiatan broadcast televisi yang begitu padat serta permintaan penggunaan aset broadcast yang semakin meningkat membuat ketersedian aset broadcast di perusahaan tersebut kurang terpantau. hal tersebut dapat berpengaruh terhadap ketersedian aset broadcast. Apabila aset broadcast yang dibutuhkan tidak tersedia maka adanya kebijakan untuk melakukan penyewaan (rental). Berdasarkan hal tersebut, maka dibutuhkan sebuah sistem Informasi yang dapat membantu dalam memantau seluruh penggunaan, penentuan dan ketersedian aset broadcast serta mampu melakukan penentuan keputusan pembelian aset broadcast baru terhadap aset broadcast yang tingkah penyewaannya tinggi. Proses penentuan keputusan tersebut menggunakan metode Fuzzy Multiple Attribute Decission Making (FMADM) dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternative terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif dapatditentukan berdasarkan beberapa kriteria yang terdapat pada aset broadcast. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal (alternative paling tinggi). Berdasarkan hasil pengujian, maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi aset broadcast ini telah memberikan kemudahan bagi pihak departemen logistik dalam mengawasi serta memantau ketersediaan dan jumlah aset broadcast sehingga permintaan dapat terpenuhi, membantu pihak departemen TD dalam mengelola permintaan penggunaan aset broadcast yang tepat berdasarkan permintaan yang diajukan oleh pihak departemen produksi dan membantu pihak departemen produksi agar dapat melakukan keputusan penentuan pembelian aset broadcast baru pada periode berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: RCTI, Aset Brodcast, konvensional, FMADM (Fuzzy Multiple Attribute Decission Making) , SAW(simple additive weighting).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26035

Actions (login required)

View Item View Item