Sistem peramalan pembelian dan persediaan barang di CV.royal Makmur Sentosa

R Lumentut, Novira (2013) Sistem peramalan pembelian dan persediaan barang di CV.royal Makmur Sentosa. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Royal Makmur Sentosa yang berlokasi di daerah Ngagel Jaya Selatan di Surabaya merupakan sebuah perusahaan dagang yang bergerak di bidang jasa fotografi dan percetakan foto. Pemesanan barang saat ini kurang optimal karena pemesanan barang dilakukan berdasarkan perkiraan Staf Pembelian Barang. Hal tersebut mengakibatkan Staf Pembelian Barang kesulitan dalam menentukan jumlah pemesanan barang untuk satu periode mendatang. Begitu pula dengan persediaan barang terkadang mengalami kekurangan maupun kelebihan, sehingga menumpuk di gudang. Selain itu, banyaknya jumlah pembelian maupun penjualan yang diolah oleh Staf Pembelian Barang membuat proses pemantauan terhambat, karena Staf Pembelian Barang tidak tepat waktu dalam melaporkan kegiatan pembelian maupun penjualan.Sistem peramalan yang dibangun disesuaikan dengan permasalahan perusahaan khususnya pada Bagian Pembelian Barang. Proses peramalan pembelian dan persediaan barang menggunakan sebuah metode peramalan yaitu Single Exponential Smoothing. Proses pembangunan sistem peramalan pembelian dan persediaan barang ini menggunakan metode pembangunan perangkat lunak yaitu model waterfall, sedangkan analisis perancangan sistem menggunakan pemodelan berorientasi objek dengan menggunakan Unifed Modelling Language (UML).Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa sistem peramalan yang dibangun dapat membantu Staf Pembelian Barang dalam merencanakan pembelian barang untuk satu periode mendatang dan dapat mengimplementasikan metode Single Exponential Smoothing ke dalam sistem. Namun perlu adanya pengembangan dan pemeliharaan yang lebih baik lagi yaitu peramalan yang dilakukan bisa meramalkan pembelian lebih dari 1 barang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sistem peramalan, sistem peramalan pembelian dan persediaan barang, peramalan, single exponential smoothing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26063

Actions (login required)

View Item View Item