Rancang bangun warning monitoring gas sulfur dioksida (SO2) di Gunung Tangkuban Perahu Via SMS gateway berbasis mikrokontroler menggunakan sensor MQ-136

Treska, Fergo (2013) Rancang bangun warning monitoring gas sulfur dioksida (SO2) di Gunung Tangkuban Perahu Via SMS gateway berbasis mikrokontroler menggunakan sensor MQ-136.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada penelitian ini, sistem peringatan dini dan pemantauan terhadap kondisi gas SO2 dirancang menggunakan teknologi sms gateway dengan bantuan sensor MQ136 yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan gas SO2 dan mikrokontroler ATMega16 sebagai pemroses. Nilai konsentrasi gas SO2 beserta kondisinya apakah normal, waspada, atau bahaya dapat diketahui dan ditetapkan dari hasil pengujian di laboratorium. Sms akan dikirim ke lima nomor tujuan apabila nilai konsentrasinya melebihi ambang batas yang ditetapkan. Sistem pemantauan dilakukan dengan mengirimkan sms ke alat yang berisikan perintah untuk mengirimkan nilai konsentrasi gas yang sedang dideteksi melalui sms ke nomor pengirim. Alat ini juga dilengkapi dengan alarm apabila kondisi gas sudah dalam keadaan bahaya dan akan berhenti berbunyi jika sudah di bawah ambang batas bahaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gas SO2, Sensor gas MQ136, ATMega16, SMS gateway.
Subjects: Member > dyah@unikom.ac.id
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26069

Actions (login required)

View Item View Item