Pembangunan aplikasi pembelajaran aksara Sunda berbasis android

Purnama, Hadi (2013) Pembangunan aplikasi pembelajaran aksara Sunda berbasis android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Aksara Sunda merupakan warisan leluhur yang wajib kita lestarikan keberadaan dan keberlangsungannya, Sebagian masyarakat kurang mengenal bagaimana bentuk dan cara menulis aksara Sunda karena aksara Sunda yang masih jarang digunakan, selain itu banyak pula masyarakat yang hanya mengenal aksara Sunda tetapi tidak mengetahui cara membaca dan menulis aksara serta memiliki keinginan dan tertarik mempelajari aksara Sunda. banyak juga masyarakat yang mengenal dengan aksara Sunda, namun masih terdapat kesalahan pemahaman, terutama kebanyakan orang tua yang menganggap bahwa aksara Sunda adalah aksara carakan atau aksara Jawa (ha-na-ca-ra-ka...) Aplikasi Pembelajaran Aksara Sunda Berbasis Android ini merupakan upaya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia khususnya dan kebudayaan masyarakat Jawa Barat khususnya. Selain mengenalkan bentuk dan cara menulis aksara Sunda pada aplikasi ini terdapat latihan serta kuis untuk menguji kemampuan, terdapat juga konversi aksara Latin ke aksara Sunda sebagai salah satu pendukung pembelajaran pada aplikasi ini, input jawaban pada latihan menggunakan Voice Recognition serta Text to Speech untuk membaca soal kuis.Setelah melalui tahap implementasi dan pengujian, hasil yang didapat menunjukkan bahwa aplikasi ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengenal dan mempelajari tentang bentuk serta tata cara penulisan aksara Sunda menggunakan perangkat mobile Android. Aplikasi ini merupakan salah satu media yang dapat memperkenalkan kembali salah satu kebudayaan masyarakat Sunda yaitu aksara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aksara Sunda, aplikasi android, belajar aksara, aksara Sunda mobile. Text to speech android, Speech To Text android, Voice Recognition, konversi aksara Sunda.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26085

Actions (login required)

View Item View Item