Pembangunan aplikasi e-commerce spare part dan aksesoris pada bengkel P2 Bangkok Bandung

Rangga Ramadhan, Demas (2013) Pembangunan aplikasi e-commerce spare part dan aksesoris pada bengkel P2 Bangkok Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

P2 Bangkok adalah sebuah bengkel motor yang menjual beragam spare part original dan aksesoris motor sport. Awalnya bengkel ini hanya melayani service motor biasa, namun seiring berjalannya waktu, bengkel ini menjual berbagai macam spare part dan aksesoris motor sport. Bengkel yang menjual spare part dan aksesoris motor ini beralamat di jl.Pungkur no 36 Bandung. Saat ini, sistem penjualan di bengkel P2 Bangkok menggunakan cara tatap muka, dimana konsumen harus datang langsung ke bengkel untuk melihat atau membeli barang. Sedangkan bagi konsumen yang sibuk akan kegiatannya, tetapi ingin melihat seputar informasi produk dan ingin membelinya, akan sangat kesulitan. Selain itu, minimnya media promosi menjadi kendala di bengkel P2 Bangkok. Bengkel P2 bangkok merasa kesulitan dalam melakukan promosi, karena saat ini promosi yang dilakukan P2 bangkok hanya dengan cara menyebarkan selebaran di sekitar area bengkel, sehingga calon pembeli yang didapat hanya sebatas pengunjung yang melewati area bengkel saja. Dalam pembuatan laporan penjualan dan laporan produknya menggunakan cara manual yaitu dengan cara menuliskan laporan penjualan dan laporan produk ke dalam buku laporan. Hal ini menyulitkan pihak bengkel P2 Bangkok karena sering terjadi kehilangan data laporan penjualan dan data laporan produk.Dalam proses pembangunan aplikasi e-commerce ini menggunakan teknik analisis data yaitu menggunakan metode pembangunan perangkat lunak waterfall. Metode aliran data sistem menggunakan metode terstruktur yaitu DFD (Data Flow Diagram) dalam menggambarkan model fungsional dan ERD (Entity Relationship Diagram) untuk menggambarkan model data.Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan metode blackbox dan beta terhadap layanan e-commerce di bengkel P2 Bangkok, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan e-commerce ini mempermudah konsumen di luar kota Bandung dalam melakukan pemesanan, mempermudah bengkel P2 Bangkok dalam melakukan promosi dan memudahkan bengkel dalam membuat laporan penjualan dan produk.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: e-commerce, bengkel, otomasi penjualan, spare part, motor
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26148

Actions (login required)

View Item View Item