Rifki Al Casdy Son, Loan (2013) Pembangunan game edukasi 2D cara membuang sampah yang baik dan benar. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Produksi sampah menurut data Kementrian Lingkungan Hidup, tahun 2010 yang disebutkan oleh asisten deputi pengolahan sampah dan deputi pengolahan limbah, mencapai 200 ribu ton per hari di Indonesia. Sementara menurut Badan Pusat Statistik, produksi sampah tahun 2011 dari 380 kota mencapai 80.000 ton lebih per hari, sehingga menyebabkan penumpukan sampah dan pencemaran lingkungan disetiap kota. Oleh karena itu kebersihan merupakan tanggung jawab semua pihak.Contoh yang paling sederhana adalah prilaku membuang sampah pada tempatnya, ini menjadi hal yang penting karena dampak dari membuang sampah sembarangan dapat merusak lingkungan dan menimbulkan penyakit. Oleh karena itu adanya budaya kebiasaan lama dan perilaku terhadap tata cara membuang sampah yang kurang baik itu perlu diubah sejak dini. Beragam cara untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, salah satunya yaitu dengan media game.Pada penelitian ini, dilakukan pembangunan sebuah game petualangan yang berbasis dekstop tentang tata cara membuang sampah yang baik dan benar dengan pengenalan sampah organik dan non-organik serta penerapan algoritma greedy, dimana algoritma tersebut digunakan pada pergerakan lawan dalam mengambil keputusan dengan cepat untuk tindakan menyerang atau bertahan. Dibangun dengan visualisasi dua dimensi dan penyampaian informasi edukasi yang menarik dengan menggunakan konsep OOP dan pemodelan perancangan sistem UML dengan bahasa pemrogramannya adalah Game Maker Language serta tools yang digunakan dalam membangun game ini adalah Game Maker 8 Pro.Berdasarkan hasil uji penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa dengan adanya game ini dapat menjadi sebuah pembelajaran akan pentingnya kebersihan lingkungan dalam membuang sampah yang baik dan benar, serta memudahkan anak-anak dalam mengenal jenis sampah serta tata cara membuangnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sampah, edukasi, game, petualangan, greedy |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:06 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:06 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26152 |
Actions (login required)
View Item |