Pengaruh perputaran piutang dan arus kas operasi terhadap tingkat likuiditas pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Kemalasari, Afriyani (2013) Pengaruh perputaran piutang dan arus kas operasi terhadap tingkat likuiditas pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Fenomena yang terjadi pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, pada tahun 2007 perputaran piutang dan arus kas operasi mengalami kenaikan sementara likuiditas mengalami penurunan. Kemudian pada tahun 2011 perputaran piutang dan arus kas operasi mengalami peningkatan sementara likuiditas mengalami penurunan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder berupa time series yaitu terdiri dari data tahun 2005-2011 pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia menggunakan analisis jalur (Path Analysis) . Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik uji F dan statistik uji t. Proses analisis statistik menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 13 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perputaran piutang berpengaruh positif yang signifikan terhadap arus kas operasi. Perputaran piutang berpengaruh negatif yang signifikan terhadap likuiditas (current ratio) sedangkan arus kas operasi berpengaruh negatif yang tidak signifikan terhadap likuiditas (current ratio). Kesimpulan dari analisis statistik adalah perputaran piutang dan arus kas operasi berpengaruh positif yang signifikan terhadap likuiditas (current ratio).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perputaran Piutang, Arus Kas Operasi dan Likuiditas (current ratio)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26195

Actions (login required)

View Item View Item