Sistem informasi manajemen pemberian pinjaman pada koperasi serba usaha sejahtera

Firlani, Taufik (2014) Sistem informasi manajemen pemberian pinjaman pada koperasi serba usaha sejahtera. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kantor Koperasi Serba Usaha Sejahtera adalah sebuah tempat dimana seseorang atau organisasi menjadi anggota dan dapat melakukan kegiatan simpan dan pinjaman. Namun terdapat suatu masalah pada kantor Koperasi dalam pelaksanana kegiatan simpan pinjam tersebut, yaitu belum adanya sistem informasi untuk mengelola segala bentuk proses yang ada di kantor koperasi baik dalam hal pendaftaran Anggota, Simpanan, Pinjaman, dan pengambilan keputusan penentuan penerima pinjman diterima atau ditolak.Untuk menyelesaikan masalah yang ada pada kantor Koperasi Serba Usaha Sehajtera serta untuk memperbaiki pelayanan anggota, maka diperlukan pembangunan sistem informasi dan sistem informasi managenen yang bisa mempermudah petugas kopeasi dalam hal pelayanan simpan pinjam dan menilai kelayakan suatu pengajuan pinjaman dengan suatu metode sistem pendukung keputusan (SPK). Maka dengan pembangunan sistem ini, diharapkan akan memberikan keuntungan dan kemudahan bagi pihak Koperasi. SPK merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan memanipulasi data. Sistem itu digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semiterstruktural dan situasi yang tidak terstruktur, Promethee yang merupakan singkatan dari Preference Ranking Organization Methods for Enrichment Evaluations yaitu metode yang menawarkan cara menganalisis untuk pengambailan keputusan atas suatu masalah yang memiliki lebih dari satu kriteria atau multikriteria. Setelah melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan yang dipilih, maka dilakukan pengujian sistem yang terdiri dari pengujian alpha menggunakan metode pengujian black box yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak dengan kesimpulan hasil pengujian dan pengujian beta yaitu pengujian lapangan dengan kesimpulan hasil pengujian bahwa sistem dinilai dapat berjalan dengan baik, dapat dipelajari, mudah digunakan dan telah sesuai dengan kebutuhan di perusahaan tersebut. Pengujian sistem yang telah dilaksanakan pada perusahaan dapat berguna sebagai pengolahan data anggota, data Simpanan, data pinjaman dan data pengajuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen, Koperasi, Simpan Pinjam, Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Multikriteria, Promethee,
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26316

Actions (login required)

View Item View Item