Analisis kinerja proses pembelajaran dengan metode procused quality management (studi kasus di Program Studi Teknik Industri Universtias Komputer Indonesia Bandung)

Agustini (2014) Analisis kinerja proses pembelajaran dengan metode procused quality management (studi kasus di Program Studi Teknik Industri Universtias Komputer Indonesia Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan, semua perguruan tinggi berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Dengan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, maka diharapkan mampu meningkatkan daya saing antar perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai lembaga yang bergerak di bidang jasa harus mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada mahasiswa sebagai konsumen. Hal ini diperlukan untuk menuntut adanya komitmen untuk memuaskan mahasiswa yang salah satunya dengan perbaikan secara berkesinambungan. Bahwa mahasiswa memiliki keluhan terhadap proses pembelajaran di Teknik Industri UNIKOM seperti cara mengajar dosen, fasilitas, sikap dosen, materi yang disampaikan dosen, dan sebagainya. Adanya ketidaksesuaian antara keinginan mahasiswa dengan kenyataan yang membuat mahasiswa merasa kurang puas. Penelitian ini bertujuan: (1) mengidentifikasi variabel-variabel proses kunci apa yang bisa digunakan untuk menganalisis kinerja proses pembelajaran di Teknik Industri UNIKOM, (2) mengidentifikasi variabel-variabel faktor sukses kritis, dan (3) menentukan prioritas perbaikan utama proses pembelajaran di Teknik Industri UNIKOM.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode focused quality management, untuk mengetahui keinginan mahasiswa dan menentukan prioritas utama proses pembelajaran di Teknik Industri UNIKOM.Berdasarkan hasil perhitungan dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa prioritas utama yang harus diperbaiki adalah pertama keberhasilan mahasiswa dalam meraih prestasi/penghargaan di bidang, baik itu regional maupun nasional, kedua indeks prestasi kumulatif lulusan rata-rata 3 ke atas, ketiga sarana dan fasilitas laboratorium dan kelas ideal (sesuai kebutuhan) dan kondusif, keempat dosen memberikan keterbukaan terhadap nilai ujian yang diperoleh mahasiswa, kelima ketersediaan buku-buku di perpustakaan umum dan program studi sesuai kebutuhan, keenam pelayanan administrasi akademik yang berkualitas seperti tepat sasaran dan waktu, ramah, cepat, dan tanggap, ketujuh kemampuan asisten praktikum menjawab pertanyaan yang diajukan praktikan, kedelapan dosen menggunakan metode perkuliahan yang baru, menarik, dan kreatif, kesembilan kegiatan konsultasi dengan dosen mudah dan cepat dilakukan serta cukup waktu, kesepuluh sikap keterbukaan dan keakraban oleh pimpinan perguruan tinggi, dosen, pegawai administrasi terhadap mahasiswa, kesebelas dosen, khususnya dosen wali membantu dalam menentukan strategi pengambilan mata kuliah, kedua belas cara atau metode dosen dalam penyajian materi kuliah jelas, interaktif, dan mudah dipahami, ketiga belas kerapian, kebersihan, keindahan ruangan dan peralatan kuliah, keempat belas dosen memberikan perhatian dan respon yang cepat dan tepat terhadap permintaan/permohonan dan kesulitan yang dihadapi mahasiswa, kelima belas dosen memperhatikan dan melayani mahasiswa dengan sepenuh dan setulus hati, keenam belas mahasiswa menyelesaikan studi tepat pada waktunya (�± 4 tahun), ketujuh belas dosen mengajar sesuai pedoman/buku yang dianjurkan, kedelapan belas dosen dan pegawai penunjang selalu berpenampilan simpatik dan berpakaian rapi, bersih, serta harmonis, kesembilan belas waktu mengajar dosen sesuai jadwal kuliah dan jumlah satuan kredit semester (SKS), dan kedua puluh dosen ketika menyampaikan materi sesuai dengan silabusnya.Dari hasil analisis dapat disimpulkan ternyata kinerja proses pembelajaran di Teknik Industri UNIKOM menurut mahasiswa belum maksimal. Hal ini didasarkan pada penilaian kinerja proses pembelajaran oleh mahasiswa yang nilainya berkisar antara 4,9 sampai 8,7.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kinerja proses pembelajaran, focused quality management
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26440

Actions (login required)

View Item View Item