Pembangunan learning management system di SMA Negeri I Kadipaten

Akbari, Gumilar (2014) Pembangunan learning management system di SMA Negeri I Kadipaten. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMA Negeri 1 Kadipaten adalah sekolah di mana siswa dapat memilih jurusan sesuai dengan minat mereka. Kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung di SMA Negeri 1 Kadipaten adalah memanfaatkan metode tatap muka, di mana guru dan siswa menghadiri kegiatan belajar mengajar langsung di sekolah dengan waktu yang terbatas. Dalam kegiatan tersebut, metode ini memiliki beberapa kendala yaitu waktu yaitu terbatasnya komunikasi diskusi, distribusi bahan ajar di luar buku LKS dan buku paket yang tidak efektif, guru yang belum dapat memeriksa tugas secara efektif ketika mereka tidak bisa menghadiri kegitan belajar dan mengajar di sekolah, dan juga para guru dan kepala sekolah belum mampu untuk melihat aktivitas kegiatan belajar siswa di luar jam sekolah belajar.Dalam membangun aplikasi Learning Management System (LMS) ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahap observasi, wawancara dan studi literatur. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model asynchronous learning, untuk metodologi pembangunan perangkat lunak menggunakan metode waterfall, dalam menggambarkan model fungsional dengan menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram), dan pemodelan datanya dengan menggunakan metode terstruktur yaitu DFD (Data Flow Diagram).Dalam mengimplementasikan pembelajaran menggunakan Learning Management System (LMS) ini memiliki tahapan pengujian sistem yang terdiri dari pengujian alpha dengan menggunakan metode pengujian black box yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak, dan pengujian betha yaitu pengujian lapangan dengan pengolahan data sebagai nilai akurasi hasil pilihan. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini dapat membantu belajar para siswa karena terdapat beberapa fungsi diantaranya, membantu proses diskusi diluar jam belajar sekolah, memudahkan pendistribusian materi, membantu dalam mengevaluasi tugas siswa, dan memudahkan dalam melihat aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LMS, model pembelajaran, asynchronous learning.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26710

Actions (login required)

View Item View Item