Pembangunan aplikasi game cerita rakyat fabel

Sastra Hadiprawira, Arie (2014) Pembangunan aplikasi game cerita rakyat fabel. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Fabel dalam dunia sastra dikenal sebagai cerita yang lakonnya berperangai seperti manusia, fabel juga dapat didefinisikan sebagai cerita fiksi atau hasil rekaan imajenasi dan menggunakan binatang sebagai tokoh dalam cerita. Menurut Sapardi Djoko Damono guru besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, dongeng atau cerita rakyat harus berubah mengikuti perkembangan zaman, sebab cerita sastra yang tidak diubah akan ditinggalkan atau terkubur. Oleh karena itu tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengenalkan kembali cerita fabel, menjadikan cerita fabel kedalam bentuk game yang interaktif, menarik, dan menyenangkan, dan menarik kembali minat anak terhadap cerita rakyat fabel.Dari permasalahan inilah akan dibangun suatu media yang dapat mempermudah dalam penyampaian cerita fabel kepada anak melalui media yang unik dan menarik tentang salah satu cerita rakyat fabel yaitu cerita ��Si Kancil dan Buaya��. Media yang digunakan adalah game, game merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam mengenalkan cerita fabel kepada anak. Game ini akan didesain 2D (2 Dimensi) yang cocok untuk anak �� anak berusia 7 - 12 tahun, dan game ini bergenre adventure yang didalamnya terdapat 3 stage atau 3 tingkatan permainan. Game akan diimplementasikan pada perangkat mobile sehingga game ini dapat dimainkan dimana saja. Game cerita rakyat fabel ini diuji dengan dua teknik pengujian yaitu pengujian black box dan white box. Pengujian black box akan berfokus pada menemukan kesalahan program, sedangkan pengujian white box akan berfokus pada struktur internal (source code) program. Setelah semua proses dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa game yang dibagun dapat membantu dalam mengenalkan cerita rakyat ��Si Kancil dan Buaya�� dan menjadikannya game yang interaktif, menarik, menghibur, serta dapat menarik minat anak terhadap cerita rakyat fabel yang dimainkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game, Cerita Rakyat Fabel, Si Kancil dan Buaya.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26721

Actions (login required)

View Item View Item