Game turn based strategy menggunakan algoritma minimax pada desktop

Kurnia, Shendy (2014) Game turn based strategy menggunakan algoritma minimax pada desktop. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Turn Based Strategy (TBS) adalah game strategi yang dimainkan secara bergiliran. Dalam permainan ini dua pemain akan saling berhadapan dan saling mengadu strategi untuk mempertahankan daerah sendiri dan mengalahkan lawan. TBS biasanya disajikan dengan menggunakan tema petualangan fiksi maupun cerita yang diangkat dari kejadian sebenarnya. Oleh karena itu, Turn Based Strategy (TBS) sangat cocok untuk digunakan pada game yang mengangkat tema sejarah, dimana dalam penyajian cerita, akan terdapat banyak pertempuran yang menggunakan strategi.Dalam pembuatannya game Turn Based Strategy biasanya hanya melibatkan satu orang pemain, yang kemudian akan dihadapkan dengan musuh berupa NPC (Non Playable Character) dalam game. Untuk membuat NPC yang dapat menjadi lawan pemain,dibutuhkan suatu kecerdasan buatan dalam NPC. Algoritma minimax adalah algoritma yang melakukan pengecekan pada seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan. Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon keputusan yang berisi semua kemungkinan tersebut. Kelebihan dari algoritma minimax adalah mampu memberikan pendekatan solusi-solusi terbaik dalam game turn based strategy, hal ini dikarenakan satu gerakan dari objek maka kemungkinan dari status simpul juga akan berubah, dengan memperhatikan kedekatannya dengan simpul tujuan. Permodelan yang digunakan dalam pembangunan game ini menggunakan UML (Unified Modelling Language). Game dibangun menggunakan Game Maker 8.0 dan diimplementasikan pada desktop.Berdasarkan pengujian dengan menggunakan metode white box, black box, dan pengujian beta, penggunaan algoritma minimax pada game ini dapat memunculkan kemampuan berfikir dan berstrategi pada AI yang berarti AI menjadi lebih sulit diprediksi langkahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Turn-Based Strategy, Game, Algoritma Minimax
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26860

Actions (login required)

View Item View Item