Analisis dan implementasi pengidentifikasian emosi marah dan normal pada pria dan wanita ditinjau dari pitch dan formant

Luthfi, (2014) Analisis dan implementasi pengidentifikasian emosi marah dan normal pada pria dan wanita ditinjau dari pitch dan formant.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu kemampuan manusia adalah bisa mengenali jenis emosi lawan bicaranya dengan cara mendengar suara dan ucapan yang dikeluarkan oleh lawan bicaranya. Emosi yang sebelumnya dapat dikenali dengan mudah oleh manusia, untuk saat ini dapat juga dikenali dengan komputer. Penelitian ini merupakan pengembangan penelitian yang telah dilakukan oleh Sukmawati Nur Endah dan Dinar Mutiara dari Universitas Diponegoro yang melakukan penelitian mengenai analisis pitch dan formant sinyal ucapan kata untuk kata kasar dan tidak kasar. Penelitian tersebut mendapatkan hasil bahwa pitch dan formant untuk kata-kata kasar sukar dibedakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, akan dilakukan pengembangan penelitian analisis kata kasar dan tidak kasar menjadi pengidentifikasian emosi marah dan normal suatu kalimat dimana fitur yang dijadikan bahan uji adalah fitur yang digunakan dalam penelitian sebelumnya, yaitu pitch dan formant. Suara emosi marah dan normal diambil, dikarenakan pada umumnya suara untuk emosi marah mengandung kata kasar dan intonasi suara yang bisa dibedakan secara langsung emosinya tanpa melihat orang yang berbicara. Penelitian ini fokus pada pengidentifikasian emosi marah pada pria dan wanita etnis sunda.Autocorrelation digunakan untuk menentukan fitur suara berupa pitch, linear predictive coding digunakan untuk menentukan fitur suara berupa formant, dan support vector machine digunakaan untuk mengklasifikasikan fitur suara yang akan digunakan untuk mengidentifikasi emosi marah dan normal.Berdasarkan hasil pengujian disimpulkan bahwa emosi marah dan normal bisa diidentifikasi berdasarkan pitch dan formant dengan menggunakan metode klasifikasi support vector machine dengan hasil akurasi pelatihan pada pria adalah 92.5% dan akurasi pelatihan wanita 95% dari masing-masing 40 fitur suara responden, sedangkan akurasi pengujian pria adalah 70% dan wanita adalah 100% dari 5 fitur suara responden. Hasil ini merepresentasikan bahwa suara emosi normal dan marah wanita lebih mudah diidentifikasi dibandingkan dengan suara marah dan normal pada pria.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pitch, formant, marah, normal, SVM.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26967

Actions (login required)

View Item View Item