Pembangunan aplikasi e-learning untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar bagi siwa dan guru di SMP Negeri 1 Ciampea Bogor

Septiandi, Pifan (2014) Pembangunan aplikasi e-learning untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar bagi siwa dan guru di SMP Negeri 1 Ciampea Bogor. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMPN 1 Ciampea merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang berbasis teknologi informasi dan memiliki fasilitas pendidikan yang cukup lengkap. Sistem pembelajaran yang berlangsung saat ini bersifat konvensional dimana kegiatan belajar mengajar berlangsung jika terjadi pertemuan didalam kelas. Kegiatan belajar mengajar (KBM) yang hanya mengandalkan tatap muka di kelas secara langsung dianggap kurang efektif. Terkadang guru pun sering berhalangan hadir untuk memberikan materi pelajaran sehingga dapat menghambat KBM. Salah satu metode pengajaran yang sedang berkembang di masa sekarang adalah e-learning. E-learning dapat membantu para pengajar dalam mendistribusikan bahan ajar mereka tanpa harus berada di kelas dengan menggunakan internet.Metodologi pembangunan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun e-learning ini adalah metode Waterfall. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, observasi dan interview atau wawancara. Untuk merancang aplikasi ini digunakan metode perancangan struktural yaitu pembuatan Entity Relationship (ER) dan pembuatan Data Flow Diagram (DFD) . Dalam pembuatan perangkat lunak ini menggunakan PHP sebagai bahasa script yang digunakan untuk membuat halaman website dan MySQL sebagai database. Aplikasi diuji dengan melakukan pengujian program dengan memasukan data-data yang telah ada dengan menggunakan metode Blackbox yaitu pengujian alpha, serta melakukan pengujian beta yang merupakan pengujian secara langsung kepada user yang akan menggunakan perangkat lunak ini.Berdasarkan hasil dari pengujian dan wawancara dengan pihak sekolah maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi e-learning yang dibangun dapat membantu proses kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 1 Ciampea Bogor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: e-learning, online, ER, DFD, MySQL, Waterfall, PHP, Blackbox, SMPN 1 Ciampea
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26973

Actions (login required)

View Item View Item