Perilaku komunikasi narapidana anak : (studi fenomenologi tentang perilaku komunikasi narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas III Sukamiskin Bandung)

Iskandarsyah, Johan (2014) Perilaku komunikasi narapidana anak : (studi fenomenologi tentang perilaku komunikasi narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas III Sukamiskin Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Perilaku Komunikasi Narapidana Anak di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas III Sukamiskin Bandung. Penelitian ini membahas tentang perilaku komunikasi dilihat dari komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi fenomenologi. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Teknik analis data dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan evaluasi.Hasil penelitian diperoleh bahwa perilaku komunikasi narapidana anak dilihat dari komunikasi verbal berupa bahasa Sunda, bahasa Indonesia, bahasa kasar dan Bahasa prokem, serta nama alias. sedangkan komunikasi non verbal berupa bahasa tubuh terdapat ekspresi wajah, tatap mata, dan gerakan tangan, serta penampilan fisik berupa pakaian khusus narapidana anak, pakaian muslim, dan pakaian bebas.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perilaku komunikasi narapidana anak ketika berinteraksi dengan lingkungannya lebih dominan menggunakan bahasa Sunda ketimbang bahasa Indonesia dan terbiasa menggunakan bahasa kasar dan bahasa prokem ketika berkomunikasi dengan sesama narapidana anak. Bahasa tubuh narapidana anak berbeda-beda penggunaannya tergantung kondisi yang dialami, berdasarkan lamanya tinggal di Lembaga pemasyarakatan. Narapidana anak cenderung mematuhi peraturan pakaian, tetapi juga mengeluhkan jumlah pakaian khusus yang diberikan oleh Lembaga Pemasyarakatan.Saran sebaiknya narapidana anak lebih meningkatkan lagi penggunaan bahasa Indonesia, tapi tidak meninggalkan unsur budaya bahasa sunda. Terlebih bahasa kasar mulai dihilangkan dalam berkomunikasi. Bahasa tubuh perlu ditingkatkan lebih baik lagi, agar komunikasi lebih interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi, Perilaku Komunikasi, Narapidana Anak.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27009

Actions (login required)

View Item View Item