Citra Nusantara, Putra (2015) Implementasi jaringan syaraf tiruan metode feed forward untuk memprediksi cara bermain player dan mengoptimalkan nilai kartu tertinggi dalam game poker. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Poker adalah permainan kartu keluarga yang melibatkan taruhan dan bermain individu, dimana pemenang ditentukan oleh jajaran dan kombinasi dari kartu mereka, beberapa di antaranya tetap tersembunyi hingga akhir pertandingan. Game poker bervariasi dalam jumlah kartu dibagikan dan jumlah kartu yang tetap tersembunyi. Prosedur taruhan bervariasi di antara permainan poker. Berbeda dengan game lainnya seperti catur, poker adalah game dengan informasi yang tidak lengkap karena kita tidak dapat melihat kartu lawan, begitu juga sebaliknya, sehingga dalam pengembangan sebuah kecerdasan buatan dalam game poker dibutuhkan pendekatan yang berbeda, saat ini kebanyakan game poker offline yang dimainkan dengan lawan komputer menggunakan fixed model dalam kecerdasan buatannya, ini membuat lawan komputer tersebut mudah untuk dikalahkan karena pola permainan yang tidak berubah sehingga kita bisa dengan mudah menebak pola permainan komputer dan permainanpun menjadi membosankan. Dengan mengunakan jaringan syaraf tiruan artificial inteligence yang terdapat di dalam game ini akan menjadi learning machine yang dapat mempelajari pola permainan player, sehingga semakin lama bermain maka artificial inteligence ini akan semakin sulit untuk dikalahkan dan memiliki pola permainan yang berbeda setiap rondenya. Sedangkan jaringan syaraf tiruan yang digunakan adalah feedforward dengan algoritma backpropagation sebagai pelatihannya. Berdasarkan hasil yang didapat dalam penelitiaan dan penyusunan skripsi ini serta disesuaikan dengan tujuan, maka diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan jaringan syaraf tiruan feed forward dengan algoritma backpropagation sebagai pelatihannya, artificial inteligence pada game dapat memprediksi cara bermain player dan melakukan keputusan terbaik sesuai antara tabel aksi dengan aksi yang diambil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game, jaringan syaraf tiruan feed forward, poker. |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:07 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:07 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27061 |
Actions (login required)
View Item |