Representasi cinta dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah :(studi analisis semiotika ferdinand de saussure mengenai representatif cinta dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah teks satu minggu berlalu dan kursi...kursi...kursi)

Yurianto Pratama, Ryan (2014) Representasi cinta dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah :(studi analisis semiotika ferdinand de saussure mengenai representatif cinta dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah teks satu minggu berlalu dan kursi...kursi...kursi). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi cinta dalam novel Moga Bunda Disayang Allah. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dimunculkan pertanyaan signifier dan signified dari representasi cinta dalam novel Moga Bunda Disayang Allah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Teknik pengumpulan data yang digunakan, studi kepustakaan, wawancara, dan penelusuran data online. Key informan dipilih sebanyak dua orang dengan asumsi para informan mengetahui banyak informasi tentang teks yang akan diteliti. Hasil penelitian menemukan adanya pesan cinta pada novel Moga Bunda Disayang Allah. Analisis dilakukan dengan mencari kaliamt-kalimat yang dianggap mengandung makna cinta tersebut. Makna cinta yang terdapat pada novel Moga Bunda Disayang Allah ini meliputi makna cinta kepada seluruh manusia terutama cinta orang tua, kasih sayang sesama manusia dan cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bukti cinta yang sesungguhnya.Kesimpulan dari penelitian yang dilaksankan oleh peneliti dalam menganalisis. Teks-teks cinta pada novel Moga Bunda Disayang Allah, berdasarkan Ferdinand de Saussure Semiotika makna Signifier dan Signified yang di konsepsikan kepada kehidupan sehari-hari. Telah mampu menguraikan makna tanda dasar dan terkecil, sehingga makna atau maksud sebenarnya dari teks sebuah novel dapat diketahui.Saran peneliti, dengan adanya kesinambungan pada penelitian dan diharapakan mampu memberikan masukan terhadap perkembangan pemahaman suatu teks pada novel kepada masyarakat, universitas dan peneliti selanjutnya tentang semiotika agar makna yang terkadung dalam sebuah novel dapat diketahui.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Representasi Cinta,Novel, Semiotika, Ferdinand de Saussure,
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27132

Actions (login required)

View Item View Item