Kinerja Aparatur dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk di Kecamatan Girimaya Kota Pangkalpinang

Aridhi, Muhammad (2014) Kinerja Aparatur dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk di Kecamatan Girimaya Kota Pangkalpinang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Adanya perubahan kebijakan mengenai data kependudukan menyebabkan banyaknya hambatan dalam pembuatan e-KTP. Hambatan tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh lambatnya aparatur serta berbelit-belitnya proses yang dilalui dalam pengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) tersebut, serta kurangnya tenaga ahli dalam proses pembuatan e-KTP. Hal ini bisa saja disebabkan karena kesalahan pada faktor sumber daya pemerintahnya dan bisa juga karena faktor minimnya dukungan fasilitas pengadaan atau fasilitas kerja pemerintah, yang mana masih dominan manual dalam pengerjaan tugas. Akibat hal-hal tersebut diatas harus diakui secara perlahan-lahan akan mengurangi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan dan kenerja pemerintah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pemerintah harus lebih responsif dan akuntabel guna memberikan pelayanan yang prima dan dapat memuaskan masyarakat. Teori yang digunakan dalam penyusunan laporan KKL ini adalah teori kinerja aparatur dari Agus Dwiyanto. Teori Agus Dwiyanto dalam penyusunan laporan ini terdiri dari lima indikator, yaitu produktifitas, kualitas layanan,responsivitas,responsibiltas dan akuntabilitas. Metode laporan KKL yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan dan menganalisa data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data berdasarkan keadaan yang nyata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui studi pustaka, studi lapangan dan observasi serta dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil KKL dapat diketahui bahwa kinerja aparatur yang selama ini dilakukan kurang efektif dan sering bermasalah terutama pada saat pembuatan e-KTP karena banyak ditemukan KTP ganda Kendala yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya identitas kependudukan, masalah lainnya adalah proses yang cukup lama karena keterbatasan peralatan yang tersedia dan tenaga ahli yang dimiliki. Selain itu,komunikasi antara aparatur dengan masyarakat belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Menghadapi kendala tersebut, maka Kantor Kecamatan Girimaya Kota Pangkalpinang harus melakukan penyuluhan-penyuluhan sampai tingkat RT sehingga kebijakan e-KTP dapat terlaksana dengan baik, merekrut tenaga ahli untuk menjaga sistem data base sehingga tetap aman dan termanage dengan baik, perbaikan birokrasi dalam proses pembuatan e-KTP, serta memperbaiki komunikas antara aparatur di Kantor Kecamatan Girimaya Kota Pangkalpinang sebagai penunjang terlaksananya kebijakan e-KTP dengan baik dan diharapkan tidak ada lagi warga yang memiliki identitas ganda.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja Aparatur, Program e-KTP
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:08
Last Modified: 16 Nov 2016 08:08
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27731

Actions (login required)

View Item View Item