Yunadi, Ari (2014) Peranan Aparatur Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Situs www.disnakjabar.prov.go.id.
Full text not available from this repository.Abstract
Website www.disnakjabar.prov.go.id. merupakan wujud dari pelaksanaan e-Government di Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat. Proses Pelayanan dalam memberikan informasi tentang peternakan kepada masyarakat yang dilakukan melalui Website www.disnakjabar.prov.go.id. sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh wisatawan atau masyarakat karena dapat membantu dalam mendapatkan informasi seputar hewan ternak. Permasalahan yang timbul dalam proses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat melalui Website www.disnakjabar.prov.go.id. yaitu masih ada kekurangan dalam memberikan informasi peternakan atau merespon pertanyaan-pertanyaan serta keluhan yang dilakukan masyarakat melalui Website www.disnakjabar.prov.go.id. Hal tersebut terjadi dikarenakan masih kurang adanya sumber daya aparatur yang mencukupi dan tekhnologi informasi yang harus ditingkatkan dalam proses pelayanan informasi kepada masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori peranan yang dikemukakan oleh Soerjono Soekanto, ��peranan (role) merupakan aspek dinamis kedudukan (status). Apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya. Maka ia menjalankan sesuatu peranan, peranan menentukan apa yang diperbuatnya bagi masyarakat serta kesempatan-kesempatan apa yang diberikan oleh masyarakat kepadanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi non partisipan, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan peneliti kepada aparatur adalah purposive sampling, sedangkan kepada masyarakat peneliti menggunakan accidental. Hasil penelitian menyatakan bahwa bukti fisik berupa fasilitas fisik, peralatan, personil, dan materi komunikasi telah berjalan cukup optimal. Kehandalan berupa pelayanan yang terpercaya dan pelayanan akurat telah berjalan optimal. Ketanggapan berupa kesediaan membantu serta memberikan pelayanan tepat telah berjalan dengan cukup optimal. Jaminan kepastian yang berupa pengetahuan,perilaku atau kesopanan dan kemampuan menyampaikan kepercayaan kepada masyarakat telah berjalan dengan cukup optimal, dan empati yang berupa kemudahan dalam melakukan hubungan, komunikasi yang baik, serta pemenuhan kebutuhan para masyarakat telah berjalan dengan optimal dalam memberikan informasi dan mempromosikan peternakan melalui www.disnakjabar.prov.go.id. Dengan demikian Kualitas Pelayanan Aparatur Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkatkan kualitas pelayanan melalui www.disnakjabar.prov.go.id dapat berjalan dengan baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan aparatur dan www.disnakjabar.prov.go.id |
Subjects: | Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2012 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:08 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:08 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27906 |
Actions (login required)
View Item |