Rizal Dewantara, Bayu (2014) Perilaku Komunikasi Guru Bahasa Sunda Pada Pemahaman Siswa (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Komunikasi Guru Bahasa Sunda Pada Pemahaman Siswa di SMAN 15 Bandung Dalam Proses Belajar Mengajar). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Komunikasi Guru Bahasa Sunda Pada Pemahaman Siswa di SMAN 15 Bandung. Penelitian ini membahas tentang perilaku komunikasi dilihat dari interaksi, pesan verbal dan pesan non verbal yang melatari perilaku komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan informan peneltian berjumlah 2 orang guru bahasa sunda serta 4 orang siswa sebagai informan pendukung penelitian. Selain itu, teknik pengumpulan data informan dengan wawancara mendalam, observasi non partisipasi, dokumentasi, dan internet searching. Teknik analisa data yang digunakan adalah model siklus Miles dan Huberman untuk membahas mengenai permasalahan penelitian. Hasil penelitian diperoleh yaitu 1) Interaksi yang terjadi antara guru bahasa sunda dan siswa didalam kelas melalui penjelasan dimuka kelas (pertanyaan oleh guru kepada siswa atau sebaliknya) diluar kelas bercengrama atau melakukan diskusi-diskusi ringan. 2) Pesan verbal yang dilakukan guru bahasa sunada kepada siswa yaitu dengan menggunakan bahasa Sunda dan Indonesia, pesan verbal yang disampaikan dimulai dari salam pembuka, inti dari pelajaran dan pesan penutup. 3) Pesan non verbal yang digunakan guru bahasa sunda berupa bahasa tubuh terdapat gerakan tangan, ekspresi wajah dan kontak mata serta penampilan. Kesimpulan penelitian adalah perilaku komunikasi Guru Bahasa Sunda dalam memberikan pembelajaran muatan lokal mata pelajaran bahasa sunda untuk mencapai sebuah pemahaman bahasa sunda kepada siswa-siswi dengan penggunaan bahasa Sunda serta sesekali berbahasa Indonesia pada umumnya, penggunaan salam sambutan berupa ��Sampurasun��, penggunaan gerakan tangan, ekspresi wajah dan kontak mata yang ditunjukan, tidak ada karakter fisik yang khusus untuk dimiliki seorang guru. Saran peneliti, selama ini hampir tidak pernah ada lab bahasa sunda seperti pelajaran bahasa Inggris atau bahasa indonesia. Untuk itu dapat dipertimbangkan agar pelajaran bahasa sunda lebih menarik dan maksimal diadakan lab bahasa sunda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Komunikasi, Interaksi, Pesan Verbal dan Pesan Non Verbal |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:09 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:09 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28370 |
Actions (login required)
View Item |