Asyafira H, Aldila (2014) Pola Komunikasi Pengajar Kepada Anak Jalanan di Rumah Belajar Sahaja Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar (Studi Deskriptif Pola Komunikasi Pengajar Kepada Anak Jalanan di Rumah Belajar Sahaja Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Komunikasi Pengajar Kepada Anak Jalanan di Rumah Belajar Sahaja (Sahabat Anak Jalanan) Bandung dalam meningkatkan motivasi belajar. Untuk menjawab penelitian tersebut , peneliti memiliki sub fokus yaitu proses komunikasi dan hambatan komunikasii untuk menganalisa fokus penelitian pola komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang, 2 orang sebagai informan penelitian dan 3 orang informan pendukung, teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Data penelitian diperoleh melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dokumentasi dan pencarian data online. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengajar di Rumah Belajar Sahaja dalam proses komunikasinya melalui penyampaian pesan yang menggunakan media. Dimana pesan yang disampaikan melalui pesan verbal dan non verbal dan media yang digunakan media umum dan khusus sehingga akan menghasilkan umpan balik secara langsung dan positif. Hambatan yang terjadi yaitu secara mekanik, antropologi, semantik, sosiologis dan psikologis. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Pola Komunikasi pengajar di Rumah Belajar Sahaja (Sahabat Anak Jalanan) dalam meningkatkan motivasi belajar kepada anak jalanan telah berusaha menjalankannya dengan semaksimal mungkin karena cukup membantu anak Jalanan dalam melengkapi kebutuhannya yaitu belajar melalui proses komunikasi dengan penyampaian pesan melalui media sehingga mendapatkan feedback. Saran bagi Pengajar di Rumah Belajar Sahaja (Sahabat Anak Jalanan) yaitu Perlunya kreativitas dalam segi pembelajaran agar anak tidak akan bosan dengan pelajaran yang diterima, sehingga pelajaran tidak selamanya kaku dan bisa juga menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi, Pengajar, Proses Komunikasi, Hambatan |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:09 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:09 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28378 |
Actions (login required)
View Item |