Aktivitas Komunikasi Upacara Adat Maras Taun di Selat Nasik Belitung (Studi Etnografi Aktivitas Komunikasi Tradisi Upacara Adat Maras Taun di Selat Nasik, Belitung)

Merinda, Anggi (2014) Aktivitas Komunikasi Upacara Adat Maras Taun di Selat Nasik Belitung (Studi Etnografi Aktivitas Komunikasi Tradisi Upacara Adat Maras Taun di Selat Nasik, Belitung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguraikan secara mendalam tentang Aktivitas Komunikasi Upacara Adat Maras Taun di Selat Nasik Belitung. Untuk menjabarkannya maka fokus masalah tersebut peneliti dibagi kedalam sub-sub mikro yaitu situasi komunikatif,peristiwa komunikatif dan tindakan komunikatif dalam Aktivitas Komunikasi Upacara Adat Maras Taun di Selat Nasik Belitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitataif dengan studi etnografi Komunikasi dengan teori subtantif yaitu Interaksi Simbolik. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Selat Nasik dua (2) orang informan kunci dan empat (4) orang informan pendukung yang diperoleh dengan teknik purpossive sampling yang bersifat Snowball sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi partisipan, catatan lapangan, studi kepustakaan, dokumentasi dan internet searching. Teknik uji keabsahan data dengan cara meningkatkan ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensi dan pengecekan anggota. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Situasi komunikatif yang terjadi saat aktivitas komunikasi upacara adat maras taun berlangsung sangat sakral. Tempat pelaksanakan prosesi ini di tanah timbun, peristiwa komunikatif upacara adat maras taun merupakan bentuk ritual khusus yang dilaksanakan setiap setahun sekali berdasarkan ketentuan adat dan jatuh tepat pada waktu panen masyarakat Selat Nasik. Sedangkan tindakan komunikatif yang terdapat dalam upacara adat maras taun di Selat Nasik yaitu bentuk perintah, pernyataan, permohonan dan perilaku verbal dan nonverbal. Aktivitas Komunikasi Upacara Adat Maras Taun di Selat Nasik wajib dilaksanakan karena merupakan salah satu tradisi adat yang harus dilakukan setiap tahunnya bagi masyarakat Selat Nasik untuk menghormati leluhur dan sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Saran lebih memfokuskan lagi upacara adat maras taun terutama dalam mendekatkan diri kepada masyarakat untuk mendapatkan sumber informasi yang lebih baik lagi. pemerintah jangan dimanfaatkan sebagai ajang mencari dukungan atau simpati politik dan permainan uang kepada masyarakat selat nasik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etnografi Komunikasi,Situasi komunikatif,Peristiwa Komunikaif,Tindakan Komunikatif. Aktivitas Komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28397

Actions (login required)

View Item View Item