Pembangunan Aplikasi Multimedia Pengenalan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Sekolah Dengan Metode Pembelajaran Interaktif (Studi Kasus di Pemerintahan Kota Cimahi)

Baihaqi, Zanuarrahmanu (2014) Pembangunan Aplikasi Multimedia Pengenalan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Sekolah Dengan Metode Pembelajaran Interaktif (Studi Kasus di Pemerintahan Kota Cimahi). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Mensosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Sekolah kepada anak-anak usia sekolah dasar merupakan suatu upaya dalam mendukung penyelenggaraan kota sehat di Kota Cimahi. Kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan sebelumnya oleh civitas Pemerintah Kota Cimahi masih mengguanakan cara yang konvensional, memberikan cara yang lebih interaktif untuk melakukan kegiatan sosialisasi PHBS Tatanan Sekolah dapan menjadi sebuah solusi untuk dapat menggantikan cara konvensional yang telah dilakukan.Aplikasi Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Sekolah merupakan suatu teknologi yang bertujuna dan berguna untuk melakukan kegiatan sosialisasi dengan cara yang lebih efektif dan dapat menambah wawasan pengguna tentang PHBS Tatanan Sekolah. Pembangunan aplikasi multimedia ini menggunakan metode pembangunan aplikasi multimedia menurut Sutopo yang dilengkapi dengan metode pembelajaran interaktif yang didalamnya terdapat CAI (Computer Assisted Instruction). Terdapat 4 fitur utama dalam aplikasi ini yaitu materi yang terdiri dari 14 pembahasan (sesuai indikator PHBS Tatanan Sekolah), evaluasi berupa tes pengetahuan tentunya sesuai materi yang disampaikan menggunakan aplikasi, permainan serta simulasi. Pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan blackbox, wawancara serta kuisioner.Berdasarkan dari hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun telah menjadi suatu media sosialiasi yang interaktif, ketersediaan media untuk sosialisasi bagi Dinas Kesehatan Kota Cimahi (yang masih dalam naungan Pemerintah Kota Cimahi) telah terpenuhi dan pengetahuan pengguna tentang PHBS Tatanan Sekolah bertambah setelah menggunakan aplikasi yang dibangun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PHBS Tatanan Sekolah, Pemerintah Kota Cimahi, Konvensional, Sosialisasi, Interaktif, CAI
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28616

Actions (login required)

View Item View Item