Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Ikatan Kimia Berbasis Web

Rizky Saragih, Muhammad (2014) Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Ikatan Kimia Berbasis Web. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kimia merupakan salah satu mata pelajaran inti dalam kurikulum pendidikan sekarang ini. Mempelajari mata pelajaran kimia semestinya merupakan hal yang menyenangkan dan memudahkan, karena dari mata pelajaran ini para siswa dapat memperoleh pengetahuan tentang berbagai macam ilmu kimia, mulai dari pengenalan dan teori atom, interaksi antar atom, bentuk molekul dan sebagainya. Ikatan kimia merupakan salah satu bab pada mata pelajaran kimia di kelas X. Bab ini berisi tentang interaksi yang terjadi antar atom dengan atom lainnya, karena pada umumnya di alam semesta ini sangat jarang sekali ditemukan atom berdiri sendirian, hampir semuanya berikatan dengan dengan atom lain dalam bentuk senyawa. Pada bab ikatan kimia peserta didik akan mempelajari apakah ikatan kimia itu, mengapa atom atom dapat saling berikatan, apa saja jenis-jenis ikatan kimia dan perkiraan geometri molekul yang terbentuk. Banyak ilustrasi tertuang dalam bentuk gambar, sedangkan prosesnya tidak tergambar dengan baik. Sama halnya dengan ilustrasi mengenai geometri molekul yang berbentuk 3D, hanya disampaikan dengan gambar 2D yang tidak interaktif. Aplikasi Pembelajaran Interaktif merupakan salah satu media teknologi pembelajaran multimedia untuk membantu guru dalam menjelaskan materi pembelajaran dan membantu siswa dalam memahami materi serta menumbuhkan minat belajar siswa. Pembangunan aplikasi menggunakan pendekatan model tutorial dalam penyampaian materi dan pendekatan model discovey untuk bagian ekperimen siswa. Pembangunan aplikasi ini harus melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan yang dipilih yaitu metode waterfall, didalam aplikasi tersebut terdapat pembelajaran ikatan kimia, pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode Black box, kuisoner serta wawancara. Berdasarkan hasil yang didapat dari penelitian yang dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini membuat pelajaran ikatan kimia menjadi interaktif dan variatif, aplikasi ini dapat membantu siswa belajar pada saat jam belajar maupun pada saat diluar jam pelajaran dan membantu guru dalam melihat pemahaman siswa dari hasil evalusi yang dilakukan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Interaktif, Ikatan Kimia, Model Tutorial, Model Discovery, web
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28637

Actions (login required)

View Item View Item