Game Edukasi Konstruksi Jembatan

Budiman, Rudi (2014) Game Edukasi Konstruksi Jembatan. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Arsitektur secara umum merupakan ilmu dan seni perencanaan dan perancangan bangunan. Sedikitnya sosok arsitek di masyarakat umum manjadi kendala bahwa arsitek tidak diketahui oleh anak-anak. Anak-anak memilih bercita-cita menjadi polisi, dokter, pemain bola, bahkan menjadi artis karena mereka lebih sering melihat profesi-profesi tersebut dibandingkan dengan arsitek. Masalah ini didapat berdasarkan hasil dari penelitian terhadap anak-anak SD yang ditemukan bahwa 65% anak-anak tidak mengenal bidang ataupun profesi sebagai arsitektur, dan 35% mengetahui bidang arsitek. Namun dari hasil penelitian tersebut menyatakan dalam persentase, bahwa 100% anak-anak tidak berminat bercita-cita menjadi arsitek. Berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan sebelumnya, maka akan dibangun game edukasi pembangunan konstruksi jembatan. Game konstruksi jembatan adalah sebuah game simulasi. Konsep game ini berupa perencanaan konstruksi sebuah jembatan, dengan cara menggambarkan sebuah jembatan dan mencoba mensimulasikannya untuk mengetahui hasil perencanaan konstruksi jembatan tersebut. Algoritma yang digunakan dalam game ini adalah algoritma Collision Detection dan algortima A*(hanya untuk environment saja). Pengujian perangkat lunak merupakan hal terpenting yang dilakukan untuk menemukan kekurangan pada perangkat lunak yang diuji. Pengujian yang dilakukan berupa pengujian alpha dan pengujian beta. Pengujian alpha berfokus pada pengujian fungsional perangkat lunak, dan pengujian beta berupa pengujian langsung yang melibatkan pengguna terhadap aplikasi game yang dibangun. Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu, game ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran mengenai proses pembangunan jembatan, dapat mengenalkan pekerjaan seorang arsitek, dan dapat membantu pemahaman mengenai proses pembangunan jembatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: game konstruksi jembatan, game jembatan, game konstruksi, Collision Detection, A*(Path Finding)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:09
Last Modified: 16 Nov 2016 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28659

Actions (login required)

View Item View Item