Media pembelajaran fisika berbasis animasi komputer di SMAIT Miftahul Khoir

Abdul Wahab, Ginanjar (2015) Media pembelajaran fisika berbasis animasi komputer di SMAIT Miftahul Khoir. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Fisika merupakan salah satu cabang bidang sains yang pada umumnya dipelajari melalui pendekatan secara matematis. Padahal pelajaran fisika bukan hanya sekedar mengerti dari segi matematikanya, tetapi lebih jauh lagi yakni mampu memahami konsep yang terkandung didalamnya, menuliskannya ke dalam parameter-parameter atau simbol-simbol fisis, memahami akar dari permasalahannya sehingga bisa diselesaikan secara matematis. Namun karena kurangnya kemampuan dasar dan penguasaan terhadap kerja ilmiah yang dimiliki oleh peserta didik. Hal ini timbul ketika dunia abstrak matematika harus dikaitkan dengan realita alam semesta. Inilah penyebab sulitnya pemahaman konsep fisika oleh peserta didik yaitu karena banyak sekali konsep fisika yang bersifat abstrak, sehingga peserta didik merasa kesulitan untuk menalarnya Media pembelajaran fisika ini dibangun untuk memudahkan siswa maupun guru dalam mempelajari maupun menjelaskan materi fisika terkhusus pada materi gerak lurus beraturan, gerak lurus berubah beraturan, efek doppler dan hukum pascal. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara studi literatur, observasi dan wawancara, sedangkan metode pembuatan perangkat lunak menggunakan pemodelan waterfall. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis terstruktur, dengan pemodelan data menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram) serta pemodelan fungsionalnya menggunakan DFD (Data Flow Diagram). Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukannya pengujian alpha dan betha terhadap media pembelajaran fisika, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis animasi komputer untuk sekolah menengah atas memudahkan siswa maupun guru dalam mempelajari maupun menerangkan materi-materi fisika yang bersifat abstrak terkhusus dalam materi gerak lurus beraturan, gerak lurus berubah beraturan, efek doppler dan hukum pascal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Animasi fisika, media pembelajaran, waterfall
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/28946

Actions (login required)

View Item View Item