Implementasi Algoritma Fuzzy Logic Pada Tingkat Kesulitan Permainan Evakuasi Korban Banjir

Aditama, Tio (2014) Implementasi Algoritma Fuzzy Logic Pada Tingkat Kesulitan Permainan Evakuasi Korban Banjir. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Game umumnya terdapat sebuah tingkat kesulitan, dimulai dari tingkat kesulitan yang berawal dari tingkat kesulitan mudah, sedang, hingga sulit. Perubahan tingkat kesulitan ditandai dengan adanya penambahan level didalam game. Semakin bertambahnya level didalam game, maka tingkat kesulitan akan bertambah pula. Namun didalam perkembangan game, tidak selalu perubahan tingkat kesulitan berubah seiring dengan pertambahan level. Terdapat juga game yang dalam satu level namun mengalami perubahan tingkat kesulitan. Dalam perkembangan game juga dibutuhkan pengaturan tingkat kesulitan yang berubah-ubah dalam satu level, sehingga dalam permainan tidak terasa membosankan karena permainan tidak mudah ditebak.Dalam skripsi ini maka digunakan sebuah metode yang mampu menganalisis tingkat kesulitan pada permainan evakuasi korban banjir yang mana terdapat 2 kondisi untuk input yaitu cuaca dan jumlah kuota dan 3 kondisi untuk outputnya yaitu mudah, sedang, dan sulit. Dimana akan diimplementasikan tingkat kesulitan yang mampu kembali ke tingkat kesulitan mudah saat game berada pada tingkat kesulitan yang tersulit. Maka metode yang digunakan adalah metode logika fuzzy untuk pengimplementasiannya. Logika fuzzy dalam penerapannya merupakan suatu cara untuk memetakan permasalahan dari Input menuju output yang diharapkan terutama dalam sistem pengambilan keputusan.logika fuzzy sendiri mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan, dan ketidakpastian yang menyertai permasalahan.Setelah dilakukan pengujian rule yang ada pada sistem fuzzy maka dapat disimpulkan bahwa semua rule yang ada berjalan dengan baik. Dimana game dapat berjalan sesuai rule yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game, logika fuzzy, rule, tingkat kesulitan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29166

Actions (login required)

View Item View Item