Setiawati (2002) AKTIVITAS HUMAS DALAM MENANGGULANGI REAKSI MASYARAKAT TENTANG LIMBAH AIR(Suatu Study di Bagian Humas PT. KASIN Malang).
Full text not available from this repository.Abstract
Perusahaan PT. KASIN Malang yang memproduksi kulit setengah jadi dan satu kawasan dengan komunitas tidak sedikit permasalahan yang timbul karenanya. Sehingga tanpa disadari bentuk interaksi yang terjadi diantara mereka sangat mempengaruhi image perusahaan PT.KASIN Malang terhadap komunitas. Kemudian timbullah reaksi yang ditunjukkan masyarakat dengan adanya interaksi tersebut atau polusi yang ditimbulkan oleh perusahaan dari hasil produksi perusahaan kulit tersebut. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan pada Departemen Humas PT.KASIN Malang, karena bagian tersebut dipandang sebagai dasar dari rumusan masalah ini bagaimana yaitu aktivitas humas dalam menanggulangi reaksi masyarakat tentang limbah air, walaupun tanpa mengabaikan Departemen lainnya. Dinamisnya kota Malang di era reformasi ini membuat semakin banyaknya gejolak-gejolak yang ada di masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat sekarang tidak lagi buta akan informasi tetapi juga karena akan lebih kritis dan mencermati situasi sekitar baik itu dalam pembuatan kebijakan maupun akibat dari kebijakan humas tersebut. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai aktivitas apa saja yang dilakukan humas PT. KASIN Malang dalam menanggulangi reaksi masyarakat tentang limbah air. Untuk memperoleh data-data yang menunjang di lapangan maka peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, setelah data diperoleh dari teknik tersebut, maka dimasukkan dan diolah dalam sebuah data kualitatif yang berfungsi untuk menyatukan data-data yang telah ada dengan sampel dan populasi adalah Departemen Humas PT. KASIN Malang yang berjumlah 3 orang dan untuk menambah data peneliti mengkonfirmasi data pada Departemen Produksi yang berjumlah 2 orang. Adapun hasil penelitian ini yaitu bentuk-bentuk aktivitas yang telah dilaksanakan oleh Departemen Humas dengan masyarakat sekitar perusahaan sangat beragam. Baik itu aktivitas dalam bentuk menjalankan komitmen perusahaan terhadap lingkungan maupun melalui program-program. Bentuk-bentuk kegiatan tersebut berorientasi pada kegiatan yang bersifat partisipatif dan interaktif. Bentuk partisipatif tersebut yaitu berupa mitra usaha atau perekrutan tenaga kerja yang diambil dari komunitas, berupa fasilitas umum Kemudian kegiatan yang berhubungan dengan komitmen perusahaan terhadap lingkungan adalah perlindungan lingkungan dan pencegahan pencemaran air, pentingnya standar sistem pengolahan limbah ISO 14000, pelatihan kepedulian lingkungan yang ditujukan bagi pihak intern yaitu karyawan, analisis tentang penyempurnaan lingkungan hidup yang meliputi analisis ETOP dan analisis SAP, kebijakan lingkungan dan kebijakan pemerintah tentang lingkungan (AMDAL). Walaupun usaha sudah dilakukan namun ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya. Untuk itu pihak PT. KASIN Malang perlu melakukan pembenahan dalam struktur organisasi dan mulai menyusun suatu program kegiatan rutin yang lebih terarah dan terencana. Dan yang lebih penting, Departemen Humas PT. KASIN Malang lebih difungsikan agar dapat mengoptimalkan tujuan akhir yang akan dicapai oleh perusahaan. Sehingga dari sini akan dapat menghasilkan satu bentuk interaksi yang cukup harmonis antara komunitas dan perusahaan PT. KASIN Malang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Communication Science > 2002 > Event Semester |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:37 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:37 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2933 |
Actions (login required)
View Item |