Fitriani, Wulan (2014) Pembangunan Perangkat Lunak Play My Batik Pada Platform Windows Phone. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Batik merupakan seni kerajinan yang diciptakan untuk pembuatan busana maupun seni kerajinan lainnya. Batik sekarang sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia yang secara resmi telah diakui dunia sejak 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak daerah penghasil batik dari Indonesia adalah Batik Jawa Barat yang memiliki ciri motif dan corak yang beraneka ragam. Untuk menjaga kelestariannya dibutuhkan peran aktif dari generasi muda terhadap batik Jawa barat. Namun faktanya, minat dan pengetahuan pelajar di Jawa Barat masih minim. Hal itu terbukti bahwa 60 dari 72 pelajar SMA/SMK tidak mengetahui salah satu proses penting dalam membatik dan 44 diantaranya salah menetukan motif batik dari provinisi Jawa Barat .Salah satu penyebabnya adalah belum meratanya sosialisasi tentang teori maupun praktek membatik di kalangan pelajar baik oleh pemerintah ataupun pihak sekolah itu sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media yang menyajikan pembelajaran tentang batik khas Jawa Barat secara lebih lengkap yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Aplikasi mobile Play My Batik adalah game simulasi membatik yang dapat menjadi salah satu solusi untuk permasalahan yang telah dipaparkan sebelumnya. Aplikasi ini dibangun pada platform windows phone, dengan pertimbangan bahwa belum ada aplikasi sejenis di platform tersebut. aplikasi mobile Play My Batik menggunakan dua pemodelan selama proses pembangunannya, yaitu pemodelan terstruktur untuk sub sistem web dan pemodelan berbasis objek untuk sub sistem mobile. Selain itu metode yang digunakan untuk pencocokan hasil membatik pengguna dengan pola batik yang ada adalah dengan menggunakan metode pattern recognition. Berdasarkan hasil pengujian yang terdiri dari pengujian fungsionalitas dengan menggunakan metode black box, dan pengujian acceptance dengan menggunakan kuesioner sebagai media pengujian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi mobile Play My Batik telah dapat meningkatkan pemahaman dan minat para pelajar terhadap pengetahuan Batik Khas Jawa Barat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Batik, windows phone, game simulasi |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:10 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:10 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29334 |
Actions (login required)
View Item |