Putra Bangsa, Gema (2014) Implementasi Logika Fuzzy Pada NPC Dalam Game Menangkap Ular. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
NPC atau Non Playable Character adalah salah satu karakter dalam game yang tidak dikontrol oleh pemain. NPC dikontrol oleh kecerdasan buatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap game ��Money or Death��, game ini memiliki kelemahan yang terletak pada aksi-aksi NPC ular terhadap karakter utama. Karakter NPC ini hanya dapat menyerang tanpa ada keputusan lain, padahal respon NPC ini merupakan bentuk interaksi secara tidak langsung dari NPC dengan pengguna yang memainkan. Dengan mengembangkan logika fuzzy mulai dari parameter fuzzy seperti jarak, suhu, dan stamina yang diadaptasi dari jurnalGeorge S. Bakken dan Aaron R. Krochmal[1] serta aturan-aturan fuzzy hingga proses defuzzifikasi dan kemudian menambahkan output pada respon-respon keputusan NPC ular terhadap karakter tangan sehingga NPC memiliki keputusan seperti menyerang, bertahan, diam, dan melarikan diri pada konsep permainan menangkap ular. Hasil dari pengujian simulasi yang dilakukan dengan menguji tiap struktur aturan-aturan berupa IF A AND B AND C THEN Z terhadap kondisi input yang diberikan, dengan hasil keberhasilan pengujian ketepatan output 100% sesuai dengan yang diharapkan, sehingga karakter ular dapat memiliki keputusan seperti menyerang, bertahan, diam, dan melarikan diri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Logika Fuzzy, NPC, Ular |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:10 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:10 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29377 |
Actions (login required)
View Item |