Pemodelan Arsitektur Sistem Informasi di PT. Akal Interaktif

Nugraha Purnawan, Nunu (2014) Pemodelan Arsitektur Sistem Informasi di PT. Akal Interaktif. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Teknologi dan sistem informasi saat ini berkembang semakin pesat. Pemanfaatan sistem informasi sebagai solusi untuk membantu mencapai tujuan perusahaan, maka diperlukan perencanaan strategi pembangunan arsitektur sistem informasi. Pembangunan arsitektur sistem informasi akan menghasilkan blueprint yang menggambarkan hubungan antara proses bisnis, data, aplikasi, dan teknologi. Perencanaan pembangunan arsitektur sistem informasi dengan metodologi EAP menggunakan bantuan model value chain Porter dan beberapa pendekatan analisis serta tools pemodelan lainnya pada PT AKAL Interaktif. Hasil-hasil studi kasus ini adalah model bisnis enterprise, dokumentasi katalog sumber daya informasi, arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur teknologi dan rencana implementasinya. Pembangunan arsitektur dimulai dengan memodelkan bisnis enterprise untuk mengidentifikasi semua fungsi dan proses bisnis yang dilakukan oleh PT AKAL Interaktif. Berdasarkan fungsi dan proses bisnis tersebut maka diidentifikasi kebutuhan data, kebutuhan aplikasi serta kebutuhan teknologinya. Pemodelan bisnis pada penelitian ini difokuskan pada aktivitas utama value chain PT AKAL Interaktif yaitu proses pengadaan bahan baku, produksi dan stok produk, permintaan dan pengiriman produk, penjualan, serta layanan purna jual. Pembangunan arsitektur data menemukan 20 entitas data, arsitektur aplikasi berhasil menemukan 5 aplikasi, dan mengusulkan sebuah konsep jaringan enterprise dan arsitektur sistem bisnis pada aersitektur teknologi. Penelitian diakhiri dengan rencana implementasi yang bertujuan untuk mempersiapkan sebuah rencana untuk mengimplementasikan arsitektur enterprise yang telah dibangun. Rencana implementasi meliputi urutan pengembangan aplikasi, estimasi sumber daya, waktu dan biaya serta faktor sukses implemetasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Information System, Enterprise Architecture Planning (EAP), Data Architecture, Aplication Architecture, Technology Architecture, and Blueprint
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29449

Actions (login required)

View Item View Item