PERSEPSI PIMPINAN MANAJEMEN PERUSAHAAN ROKOK TENTANG KEBERADAAN HUMAS

Hidayah, Luti (2002) PERSEPSI PIMPINAN MANAJEMEN PERUSAHAAN ROKOK TENTANG KEBERADAAN HUMAS.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Humas adalah keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan khalayaknya.Pada kenyataannya seringkali keberadaan Humas dianggap sebelah mata, Humas masih diidentikkan dengan wanita berpenampilan menarik, luwes, murah senyum dan sebagainya. Fenomena ini menyebabkan banyak orang yang kurang menghargai dan memahami makna Humas. Seperti ungkapan Rhenald Kasali : Tidak sedikit orang termasuk pemilik perusahaan (manager) mengasosiasikan PR dengan wanita cantik, luwes atau sekedar ornamen penghias perusahaan. Padahal sesungguhnya keberadaan Humas begitu penting sebagai salah satu pewujud keberhasilan perusahaan. Secara teoritis fungsi Humas adalah menumbuhkan dan mengembangkan hubungan antara lembaga atau organisasi dengan publicnya, internal atau eksternal dalam rangka menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi public dalam upaya menciptakan iklim pendapat opini public yang menguntungkan lembaga atau organisasi. Sedangkan tugas Humas adalah memantau pendapat umum mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan citra, kegiatan, reputasi maupun kepentingan-kepentingan organisasi dan menyampaikan setiap informasi yang penting langsung kepada pihak manajemen atau pimpinan puncak untuk ditanggapi.Penulis melakukan penelitian di perusahaan rokok yakni di PT. Gudang Garam Tbk-Kediri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Bagaimana Persepsi Pimpinan Manajemen PT. Gudang Garam tentang keberadaan Humas.Dalam penelitian ini jumlah populasinya adalah 28 pimpinan manajemen dan sampelnya sebanyak 8 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisa verbal. Metode ini melukiskan atau menggambarkan keadaan objek yang diteliti yakni data yang terkumpul disusun, dijelaskan, diuraikan secara verbal. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap responden dan dokumentasi.Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa persepsi para pimpinan manajemen PT.Gudang Garam tentang keberadaan Humas adalah bahwa keberadaan Departemen Humas penting bagi suatu lembaga atau perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari mayoritas responden yang setuju bahwa Departemen Humas penting bagi sebuah perusahaan. Departemen Humas tidak hanya sebagai ornamen penghias perusahaan tetapi lebih kepada kebutuhan utama. Karena diakui atau tidak, keberadaan Humas turut membantu keberhasilan perusahaan. Sebagian kecil responden menyatakan sependapat apabila praktisi Humas perlu mempunyai wajah cantik dan berpenampilan menarik, karena hal ini menyangkut citra perusahaan. Sedangkan mayoritas responden yang lain tidak sependapat dengan penampilan Humas yang harus memiliki wajah cantik dan penampilan menarik.Sebagian besar responden sependapat dengan fungsi Humas dapat menumbuhkan dan mengembangkan hubungan yang baik antara lembaga atau perusahaan dengan publicnya. Tetapi sebagian besar responden tidak sependapat apabila Humas turut campur dalam penciptaan berbagai bentuk identitas perusahaan, karena penciptaan berbagai bentuk identitas perusahaan merupakan tanggung jawab Direksi. Adapun untuk kedudukan Humas, sebagian kecil responden menyatakan sependapat apabila kedudukan Humas berada di dekat Top-Manajemen, karena Humas mempunyai tugas yang berat, jadi Humas bisa bertanggung jawab langsung kepada Top-Manajemen. Sedangkan mayoritas responden lainnya menyatakan tidak sependapat, Humas tidak harus bertanggung jawab langsung kepada Top-Manajemen.Adapun Humas berperan sebagai mediator antara pimpinan manajemen dengan karyawan mayoritas responden menyatakan sependapat, hal ini membuktikan bahwa sebetulnya kehadiran Humas dbutuhkan dalam sebuah lembaga atau perusahaan.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Communication Science > 2002 > Event Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2947

Actions (login required)

View Item View Item