Pembangunan Sistem Informasi Pendistribusian Barang dengan Pendekatan Distribution Requirement Planning di UD. Giamas Sejahtera Purwakarta

Akbar Nugraha, Faisal (2014) Pembangunan Sistem Informasi Pendistribusian Barang dengan Pendekatan Distribution Requirement Planning di UD. Giamas Sejahtera Purwakarta. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

UD. Giamas Sejahtera Purwakarta merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distributor Tisu, perusahaan ini mempunyai rangkaian sistem kerja dari mulai pembelanjaan produk ke para supplier sampai penawaran penjualan langsung ke pelanggan. Cara kerja sama bisnis yang masih bertemu secara langsung mengingat para pelanggan yang berada didalam kota purwakarta dan bahkan sampai diluar kota purwakarta dan ketidakpastian informasi dari supplier berdampak terhadap persediaan stok di gudang menjadi berlebih atau mengalami kekurangan untuk memenuhi permintaan pemesanan dari setiap pelanggan untuk didistribusikan. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan dapat diselesaikan dengan pembangunan sistem informasi pendistribusian dengan pendekatan Distribution Requirement Planning (DRP). Untuk menyelesaikan masalah permintaan pesanan dari setiap pelanggan untuk didistribusikan dan permintaan persediaan ke para supplier dapat di selesaikan dengan menggunakan peramalan untuk menentukan jumlah permintaan berdasarkan data penjualan dua minggu terakhir. Metode peramalannya menggunakan Single Moving Average (SMA), Metode analisis perangkat lunak pada penelitian ini menggunakan pendekatan analisis terstruktur, dimana pemodelan datanya menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram) serta untuk menggambarkan pemodelan fungsionalnya menggunakan DFD (Data Flow Diagram). Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan adanya sistem ini dapat memudahkan pihak perusahaan dalam menjaga hubungan dengan pelanggan dan supplier, mempermudah untuk pendistribusian pesanan ke pelanggan terpenuhi, mempermudah menentukan jumlah persediaan, mempermudah pihak perusahaan untuk memperoleh informasi stok barang yang ada di gudang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Distribusi, sistem, informasi, blackbox dan beta, pendekatan Distribution Requirement Planning (DRP)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29583

Actions (login required)

View Item View Item