Implementasi Logika Fuzzy Untuk Mengatur Behavior dan Route Finding Unit-Unit Pada Game Bertipe Real Time Strategy (RTS)

Nur Urfan, Resa (2014) Implementasi Logika Fuzzy Untuk Mengatur Behavior dan Route Finding Unit-Unit Pada Game Bertipe Real Time Strategy (RTS).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Real Time Strategy Game atau dapat disingkat RTS merupakan game yang mengharuskan pemain untuk mengatur resources dan mengalahkan setiap lawan yang ada pada suatu virtual battlefield. Salah satu aspek yang menjadi daya tarik dari game RTS adalah kecerdasan buatan (AI) dari unit, semakin pintar dan cerdas unit-unit yang ada maka semakin menarik game tersebut. Kebutuhan kecerdasan buatan pada game RTS yaitu memunculkan perilaku yang relevan dan efektif sehingga unit dapat mengambil keputusan yang cerdas. Kecerdasan buatan yang dapat digunakan pada game RTS salah satunya menggunakan logika fuzzy. Logika fuzzy dapat digunakan untuk mengoptimalkan parameter-parameter yang ada pada game seperti nyawa dan kekuatan yang nantinya parameter-parameter tersebut dapat memunculkan perilaku yang relevan dan efektif untuk pengambilan keputusan. Pola perilaku menyerang yang ada pada game RTS biasa menggunakan pola auto-attack, pola auto-attack pada saat ini mengacu pada posisi dan jangkauan tembak. Dengan menggunakan logika fuzzy pola auto-attack dapat dikembangkan sehingga tidak hanya mengacu pada posisi musuh dan jangkauan tembak, namun dapat ditambahkan parameter-parameter lain seperti nyawa dan kekuatan. Hasilnya target auto-attack dapat diprioritaskan untuk menyerang yang paling lemah dan paling dekat dengan player. Selain perilaku menyerang pada game RTS juga identik dengan pola route finding, route finding pada game RTS pada saat ini digunakan untuk menggerakan unit ke tempat yang diinginkan player. Dengan logika fuzzy pola route finding dapat dikombinasikan dengan pola auto-attack selain digunakan untuk mengerakan unit juga dapat digunakan untuk mendapat posisi dan yang tepat untuk menyerang. Logika fuzzy dapat diterapkan untuk mengatur perilaku menyerang dengan pola auto-attack dan route finding dengan memanfaatkan parameter-parameter yang ada pada game RTS sehingga dapat memunculkan perilaku yang relevan dan efektif untuk pengambilan keputusan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Buatan, Logika Fuzzy, Real Time Strategy Game
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:10
Last Modified: 16 Nov 2016 08:10
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/29623

Actions (login required)

View Item View Item